6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Teh hijau dipercaya oleh masyarakat memiliki manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Diantaranya untuk diet menurunkan berat badan. Para ahli dalam bidang kesehatan pun sangat menganjurkan meminum teh hijau untuk diet karena teh hijau mengandung zat alami yang dapat membantu membakar lemak dengan cepat.

Teh hijau juga sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat luas, banyak juga yang memanfaatkan teh hijau sebagai minuman sehari-hari, namun ada juga yang memanfaatkannya sebagai obat suatu penyakit.

Tahukah kamu bahwa di dalam bahasa Jepang teh hijau dinamakan ryokucha yang artinya daun tanaman teh yang diproses agar tidak mengalami oksidasi dan dijadikan sebagai minuman seduh. Dalam bahasa latinnya, Camelia sinensis berasal dari daratan Asia Tenggara dan Asia Selatan.

 

Menurunkan Berat Badan

Obesitas
healthydunia.com

Dr.Phaidon adalah salah satu konsultan diet dari wolipop, beliau menjelaskan bahwa teh hijau bukanlah obat kurus. Ia menuturkan bahwa teh hijau hanya bisa membantu dalam proses pembakaran lemak. Selain itu teh hijau memiliki 3 fungsi yaitu pembakar lemak ketika olahraga, mengeblok lemak dan menstabilkan gula.

Menjaga Kesehatan Tubuh

streetwise.co
streetwise.co

Sebuah studi menunjukkan pada tahun 1994 di negara Jepang bahwa 40.000 orang yang meminum sebanyak 5 cangkir teh hijau setiap harinya memiliki resiko kematian muda yang rendah jika dibandingkan dengan yang sama sekali tidak memimum teh hijau. Kesimpulan dari studi tersebut adalah bahwa teh hijau dapat menjaga kesehatan tubuh agar tetap kuat dan lebih sehat.

Meningkatkan Kinerja Tubuh dan Pikiran

Meningkatkan Pikiran
youtube.com

Dengan meminum teh hijau secara terus menerus dapat meningkatkan fungsi kognitif di dalam tubuh, sehingga kamu dapat bekerja dan berfikir lebih baik pada saat bekerja dan beraktivitas. Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin (EGCG) yang dapat melindungi organ otak dari timbulnya kerusakan. Selain itu juga teh hijau memiliki kemampuan untuk mencegah munculnya kanker pada tubuh.

Awet Muda

tersenyum
mukhiddin.deviantart.com

Dr.Phaidon juga menjelaskan bahwa salah satu khasiat yang dihasilkan oleh teh hijau dapat membuat seseorang telihat awet muda. Karena di dalam teh hijau terkandunga antioksidan, vitamin C, vitamin E sehingga orang yang meminum teh hijau akan telihat lebih muda dan tidak cepat tua.

Melancarkan Pernapasan

Melancarkan Pernapasan
healthworks.my

Di dalam teh hijau juga ada kandungan dua alkalodi. Alkalodi yang pertama adalah theobromine dan yang kedua theophyline yang dipercaya memiliki kesamaan struktur denan kafien. Theobromine memiiki sifat diuretik dan merangsang jantung meskipun demikian zat ini diketahui dapat melegakan otot yang ada pada sistem pernapasan dan juga mencegah batuk. Theophylline berfungsi dapat melancarkan pernapasan dan baik untuk melemaskan otot bronkus.

Kandungan Kafein Tidak Membuat Gelisah

Kafein pada Teh
www.localcoffeetea.com

Pada saat meminum kopi ada sebagian orang yang merasakan kegelisahan dan cemas karena mungkin mereka terlalu sensitif terhadap kafein, orang ini disebut juga dengan coffe jitters. Namun berbeda dengan teh hijau, kandungan kafein pada teh hijau yang mampu meningkatkan konsentrasi dan juga kewaspadaan pada peminumnya, sehingga efek samping kafein kopi sangat berbeda dengan teh hijau.

Tinggalkan komentar