Mau Langsing? Tertawa Saja. Ini 8 Manfaat Tertawa untuk Tubuh dan Jiwamu

Semua orang suka tertawa.

Namun pernahkah kamu berpikir betapa anehnya tertawa itu? Secara fisik, kita bergetar, membuat suara berisik yang cukup aneh sebenarnya kalau kita keluarkan bukan saat sedang tertawa.

Sains sudah meneliti berbagai efek dari tertawa, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung sampai membakar lemak dalam tubuh.

Ya, tertawa itu baik untuk kesehatan. Berikut ini 8 manfaat tertawa untuk kesehatanmu.

Manfaat 1: tertawa bisa mengecilkan ukuran pinggangmu

Tertawa memang tidak bisa menggantikan olah raga, namun tertawa bisa jadi satu bentuk olah raga tersendiri. Kita semua tahu bagaimana rasanya tertawa sangat keras sampai-sampai otot perutmu terasa sakut dan kamu merasa lelah.

Walau tertawa tidak terasa seperti olah raga, ternyata tertawa itu membuat otot-otot bekerja dan membakar kalori. Tertawa lebih menyenangkan dari melakukan sit up, namun efeknya sama.

Manfaat 2: tertawa baik untuk jantungmu

Tertawa juga baik untuk kesehatan jantung.

Membuang kalori berlebih dan menggerakkan otot perut membuatmu lebih sehat. Namun tertawa juga membuat jantungmu memompa lebih keras. Tertawa membantu meningkatkan aliran darahmu dan melatih kekuatan otot jantungmu. Semua ini meningkatkan kualitas kesehatan kardiovaskulermu.

Manfaat 3: tertawa membuatmu lebih tangguh

Selain melatih otot dan menyehatkan jantung, tertawa juga bisa meningkatkan sistem imunmu. Dengan imun yang lebih kuat, tubuhmu lebih mampu untuk melawan mikroba jahat yang membuatmu sakit.

Selain itu, memiliki selera humor yang baik membuatmu lebih tangguh. Kamu lebih mampu mengambil sisi positif dari berbagai situasi.

Manfaat 4: tertawa membuat rileks

Tertawa itu membuatmu merasa nyaman, bahkan saat kamu tertawa sangat keras sampai-sampai perutmu terasa sakit. Penyebabnya adalah tertawa membuat otakmu banjir endorfin, senyawa kimia ini menciptakan kebahagiaan dan memaksa semua otot perutmu menegang.

Saat kamu mulai berhenti tertawa, otot perutmu akan langsung rileks. Otot perutmu akan tetap  rileks sampai sekitar 45 menit.

Manfaat 5: tertawa menghilangkan pikiran negatif

Hampir tidak mungkin berpikir negatif saat kamu sedang tertawa terbahak-bahak. Memang tertawa tidak akan menyelesaikan masalah besar dalam hdupmu. Namun tertawa bisa menghilangkan depresi, kegelisahan, dan kemarahan selama sesaat.

Emosi negatif itu memang bisa jadi tidak hilang. Namun tertawa bisa memberimu cukup waktu untuk bisa mengatasi tantangan berikutnya dengan pola pikir yang lebih positif.

Manfaat 6: tertawa menguatkan keakraban

Tertawa bisa membuatmu lebih akrab, baik dengan kekasih atau dengan sahabat.

Tertawa bersama-sama membuat kamu dan orang yang bersamamu merasa punya selera humor yang sama. Ini tentu dapat mempererat hubungan yang sedang kalian jalin. Kalau kamu tertawa pada satu hal yang sama, hubungan antara kalian berdua dapat dibawa ke arah yang lebih serius.

Manfaat 7: tertawa membuatmu lebih berani

Humor mampu meningkatkan rasa percaya dirimu. Kalau kamu membuat lelucon yang membuat orang-orang tertawa, kamu akan merasa lebih percaya diri.

Bahkan walau bukan kamu yang melemparkan lelucon, tertawa bersama-sama bisa membuatmu lebih nyaman dengan orang-orang yang ada. Tertawa bersama bisa membuatmu cukup berani untuk melakukan hal-hal yang biasanya tidak akan kamu lakukan, misalnya saja seperti mengajak seseorang berdansa atau menyanyi karaoke.

Manfaat 8: tertawa itu menular

Saat satu orang mulai tertawa, sulit untuk tidak ikut cekikikan.

Sekelompok orang akan membentuk koneksi yang positif jika mereka cekikikan pada waktu yang sama. Tak ada yang menguatkan hubungan dengan lebih cepat selain tertawa terbahak-bahak sampai-sampai kamu tidak ingat hal apa yang membuatmu tertawa.

SHARE artikel ini ke semua orang yang pernah membuatmu tertawa!

 

 

Tinggalkan komentar