Mangga Harum Manis, Buah yang Memiliki Cita Rasa Tinggi

Mangga Harum Manis adalah jenis lain dari buah Mangga. Sebenarnya banyak jenis buah mangga, dikategorikan berdasarkan bentuk dan harumnya.  Konon, buah yang berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur ini disebut dengan Harum Manis ini karena mangga ini harum dan rasanya manis.

Mangga Harum Manis memiliki ciri yang tidak jauh beda dengan Mangga Manalagi, yaitu buahnya berbentuk jorong, berparuh sedikit dan ujungnya meruncing. Pangkal buahnya berwarna merah keunguan, sedangkan bagian lainnya berwarna hijau.

Secara fisik kulitnya tidak begitu tebal, berbintik-bintik kelenjat berwarna keputihan dan ditutupi lapisan lilin. Daging buahnya tebal, berwarna kuning, lunak, tidak berserat, dan tidak mengandung begitu banyak air.

Buah ini memiliki rasa yang segar dan manis namun ada sedikit sensasi asam. Mangga Harum Manis memililki biji buah yang kecil, lonjong pipih, dan memiliki panjang antara 13 – 14 cm.

Panjang buahnya dapat menjapai 15 cm dengan berat 450 gr per butir. Dalam 1 pohon mangga harum manis dapat menghasilkan 54 Kg/pohon.

Mangga Arummanis Berkualitas Enak
http://1.bp.blogspot.com/

Sehingga banyak para petani memanfaat peluang usaha ini. Disebabkan sekali produksi bisa mencapai berton-ton. Dan juga perawatannya tergolong mudah.

Didalam buah Mangga Harum Manis terkandung banyak sekali nutrisi, diantaranya adalah vitamin A dan C, zat besi, kalsium fosfor, sodium, potasium, magnesium. Selain itu, buah ini juga baik bagi penderita hernia.

Mangga Harum Manis yang dikonsumsi dengan cara diolah sebagai Jus, berfungsi untuk mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh.

Buah mangga dipanen setelah tua benar. Cirinya, bagian pangkal buah telah membengkak rata dan warnanya mulai menguning. Pemungutan buah yang belum tua benar menyebabkan rasanya agak asam dan kelat (mutu rendah). Umur buah dipanen kira-kira 4-5 bulan (110-150 hari) sejak bunga mekar (anthesis).

Pemetikan harus hati-hati, tidak boleh jatuh, dan getahnya tidak boleh mengenai buah mangga tersebut. Umumnya, tanaman mangga berbunga pada bulan Juli-Agustus. Buah matang dapat dipanen pada bulan September-Desember. Buah harus dibersihkan dari kutu, jelaga, dan getah yang menempel.

Demikian penjelasan singkat mengenai Mangga Harum Manis, semoga bermanfaat ya guys.

 

Tinggalkan komentar