Beginilah Jadinya Masa Depan, Kalau Kita Tidak Menjaga Alam

Di zaman yang sudah sangat maju seperti sekarang ini, kepedulian akan lingkungan mulai berkurang. Banyak orang yang tidak lagi memerhatikan apa yang ada di sekitarnya. Mereka sibuk dengan dunianya sendiri, sampai akhirnya, alam pun merana.

Di jalanan, buang sampah seenaknya, di pegunungan, sampah pun ditinggal begitu saja, di dalam hutan, pepohonan tumbang tak berdaya. Terus, mau jadi apa alam ini nanti? Mau kita wariskan alam yang seperti apa untuk anak cucu kita esok?

Mungkin itulah keprihatinan dari salah satu lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup. LSM bernama WWF tersebut akhirnya membuat sebuah kampanye yang pasti hati ini terasa seperti teriris.

Di kampanye itu, WWF ingin menggambarkan bagaimana bumi di masa yang akan datang. Keindahan alam dan segala macam binatang akan hilang, digantikan oleh papan yang bergambar binatang atau binatang palsu.

Miris memang, tapi itulah salah satu cara yang mungkin dapat membuat orang-orang sadar dan mau peduli lingkungan. Langsung aja yuk kita lihat seperti apa kampanye yang dilakukan oleh WWF ini.

 

Penyu Berselimutkan Ombak

theinspirationroom.com
theinspirationroom.com

Beginilah jadinya nanti kalau kita tidak bersama-sama menjaga alam. Seekor penyu terlihat sedang menuju ke pantai untuk dapat bertelur. Kamu akan melihat penyu itu tidak bergerak sedikitpun. Mungkin kalau di kasus-kasus kejahatan ini namanya rekonstruksi ulang.

Jadi, kita seolah-olah dibawa ke masa lalu di mana masih banyak penyu yang berkeliaran dan dengan bebasnya bertelur. Tapi, ketika penyu sudah tidak ada, inilah yang cuma bisa kita nikmati. Seekor penyu tiruan yang akan menghiburmu di malam yang gelap.

Terumbu Karang yang Indah

keepo.me
keepo.me

Ketika kamu menyelam, alangkah indahnya pemandangan bawah laut. Dengan banyaknya terumbu karang dan juga ikan yang hilir mudik berenang.

Tapi, jika alam tidak kita jaga, mungkin pemandangan seperti gambar di ataslah yang akan kita dapati. Hanya sebuah papan bergambarkan terumbu karang, yang ditopang kayu yang usang. Apakah pemandangan seperti itu yang akan kita wariskan untuk anak cucu?

Burung Tepi Pantai

theinspirationroom.com
theinspirationroom.com

Ketika kamu berwisata ke pantai, biasanya akan bertemu dengan burung pemakan ikan yang sedang mencari mangsa. Kamu akan dapat melihat burung-burung itu terbang dengan indahnya. Tetapi, bagaimana masa depan burung-burung itu?

Jika kita tidak menjaga alam, mungkin seperti gambar di atas jadinya. Kita hanya akan melihat gambar burung di pinggir pantai saja. Tidak ada yang menarik, sungguh bukan sesuatu yang bisa kita nikmati keindahannya.

Di Padang Rumput Australia

theinspirationroom.com
theinspirationroom.com

Padang rumput yang luas dengan warna hijau yang membentang merupakan pemandangan yang mengagumkan. Apalagi kalau ada seekor kangguru yang tengah melompat mencari makanan. Itu semua dapat kamu lihat di Australia untuk saat ini.

Di masa yang akan datang, mungkin kamu hanya akan melihat gambar saja. Padang rumput yang luas telah berganti menjadi lantai beton yang keras. Rumput pun hanya tumbuh di sela-sela beton saja, tidak ada pemandangan hamparan hijau lagi.

Harimau Mengintai Mangsa

theinspirationroom.com
theinspirationroom.com

Mungkin saat ini kamu masih bisa menyaksikan harimau yang mengendap-endap mencari mangsa. Dengan wajah yang garang dan gerakan yang lembut.

Tapi esok, mungkin kamu hanya akan menemukan boneka harimau yang diletakkan di tengah padang rumput. Tidak ada wajah garang lagi, yang ada cuma muka imut boneka harimau.

Badak Bercula yang Menjadi Kenangan

keepo.me
keepo.me

Mungkin orang-orang yang ada di mobil itu tidak menyadari kalau yang dilihatnya hanya sebuah gambar badak saja. Kalau mereka melewati bagian belakang badak itu, maka pasti akan kaget. Ternyata yang dilihat bukanlah badak sungguhan, hanya sebuah papan yang ditopang dengan kayu saja.

Tinggalkan komentar