Mengenal Masakan Indonesia Timur

Indonesia adalah negara kepulauan yang terkenal dengan berbagai macam kuliner lezatnya, kelezatan yang diciptakan dari berbagai macam racikan rempah – rempah nusantara akan membuat siapapun mengagumi kekayaan rasanya.

Mengenal berbagai masakan khas negeri ini tentunya sangatlah beragam, hampir semua daerah memiliki makanan khasnya masing- masing. Dan kali ini kita akan mengupas beberapa makanan khas Indonesia timur yang mungkin tidak akan dapat ditemui di daerah lain.

Salah satu makanan khas Indonesia Timur yang sangatlah terkenal adalah papeda. Papeda adalah makanan sejenis bubur yang terbuat dari tepung sagu. Papeda biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi.

Papeda sendiri biasanya dihidangkan dengan berbagai macam lauk bersantan serta memiliki cita rasa rempah yang sangat dominan, berikut adalah beberapa sajian yang dapat kamu kombinasikan dengan papeda.

Kuah Asam Ikan Gabus

lydialuhur.blogspot.comlydialuhur.blogspot.com

Sajian khas Indonesia timur ini memiliki cita rasa khas gurih pedas dan tentunya asam yang berpadu sempurna dengan gurihnya ikan gabus. Kombinasi asam dan tomat segar juga menjadi kunci kelezatan kudapan ini.

Ikan bungkus

www.pojokpitu.comwww.pojokpitu.com

Makanan khas papua ini memiliki bentuk packing yang sama dengan pepes di daerah jawa.terbuat dari ikan laut dan rempah – rempah yang beragam serta yang paling khas adalah tambahan daun salam.

Tongkol kuah kuning

resep sup ikan kuah kuning
Sajian yang memiliki dominan rasa gurih ditambah dengan bumbu dasar kuning serta tambahan rasa pedas menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai teman bersantap papeda.

Selain beberapa makanan berat diatas, ternyata Indonesia Timur juga memiliki kudapan ringan yang dapat kamu jadikan referensi saat berkunjung, diantaranya adalah.

Martabak Sagu

mengenalpapua.wordpress.commengenalpapua.wordpress.com

Hampir sama dengan martabak manis atau terang bulan, makanan ini juga terbuat dari sagu dan gula merah. Cara memasaknya adalah digoreng.

Sate ulat sagu

www.kebudayaanindonesia.comwww.kebudayaanindonesia.com

Cemilan yang satu ini mungkin cocok bagi kamu pecinta makanan ekstrim, karena makanan ringan yang satu ini benar – benar terbuat dari ulat pohon sagu yang berukuran besar kemudian dibakar tanpa menggunakan bumbu apapun.

Demikian beberapa pilihan makanan khas Indonesia Timur yang dapat kamu jadikan pilihan saat kamu menjelajah negeri yang indah ini, tertarik mencoba kelezatannya?

Tinggalkan komentar