Aneka Masakan Ikan Nusantara yang Bikin Kamu Ngiler

MASAKAN NUSANTARA IKAN – Wilayah Indonesia yang sebagian besar adalah laut menjadikan negeri ini kaya akan sumber daya laut. Berbagai jenis ikan yang ada di laut maupun di air tawar tawar, udang, kerang ,cumi, kepiting bisa dengan mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Berbanding lurus banyaknya jenis ikan yang dimiliki begitu juga dengan variasi masakannya yang sangat beragam, khususnya masakan ikan.

Di restoran-restoran banyak menyediakan menu ikan sebagai salah satu hidangan favorit. Cara memasaknya juga sangat beragam, mulai dari dikukus, dibakar, dipanggang serta digoreng dan juga dilengkapi dengan sambal dan sayur pelengkap. Selain memiliki rasa yang lezat ikan juga mempunyai kandungan gizi, kalori dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di Indonesia jenis masakan ikan sangat beragam, bahkan di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Berikut adalah jenis masakan ikan khas daerah di nusantara.

 

Ikan Kembung khas Padang

Ikan Kembung khas Padang
resepcaramembuat1.blogspot.com

Masakan ini merupakan salah satu makanan olahan ikan yang berasal dari kota Padang. Kota Padang memang sudah terkenal dengan berbagai masakan lezatnya, ikan kembung khas padang ini salah satunya. Ikan kembung yang dimasak dengan bumbu khas Padang dengan kuah kental manis dan pedas akan memberikan sensasi tersendiri bagi yang memakannya.

Selain memiliki rasa yang lezat ikan kembung memiliki gizi dan kalori yang baik untuk tubuh. Ikan yang kaya akan mineral dan kalori dipadukan dengan bumbu rempah khas Padang akan menyajikan sebuah hidangan dengan cita rasa yang makyus.

Ikan Cakalang Rica-rica Khas Manado

Ikan Cakalang Rica-rica Khas Manado
goodhousekeeping.co.id/

Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak disukai oleh banyak orang, selain rasanya yang gurih, ikan ini juga mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan. Makanan yang paling banyak digemari oleh banyak orang dari ikan ini adalah cakalang rica-rica. Kelezatan sajian menu khas Manado ini tentu sudah tidak diragukan lagi.

Masakan ikan cakalang rica-rica ini menggunakan bahan utama ikan cakalang yang dimasak dengan cara digoreng dengan campuran bumbu-bumbu khas Manado. Kelezatan ikan cakalang yang dibalur dengan sambal khas Manado yang pedas akan memanjakan lidah kamu.

Ikan Pindang Khas Makasar

Ikan Pindang Khas Makasar
postimg.org

Satu lagi jenis kuliner ikan khas nusantara yang wajib dicoba, namanya adalah palumara atau ikan pindang khas Makasar. Palumara merupakan salah satu masakan khas Makasar yang jenis masakannya mirip dengan pindang bandeng. Perpaduan antara kuah segar yang pedas dipadukan dengan cita rasa ikan pindang membuat masakan ini sangat cocok untuk dijadikan hidangan keluarga.

Hidangan ini biasanya dihidangkan dengan nasi putih yang masih hangat. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Ikan Peletuk Bumbu Kuning Khas Kalbar

Ikan Peletuk Bumbu Kuning
ytimg.com

Bila menginjakan kaki di Kalimantan Barat kurang puas rasanya bila tidak menikmati hidangan yang satu ini. Masakan yang menggunakan ikan gurame ini banyak digemari masyarakat karena rasanya yang kelezatannya. Cara membuat masakan ini juga tidak terlalu rumit, cukup dengan membersihkan ikan yang akan dimasak, kemudian masukan ke dalam wajan bersamaan dengan bumbunya. Kemudian tambahkan air dan masak dengan menggunakan api sedang.

Sate Lilit Ikan Khas Bali

Sate Lilit Ikan Laut Khas Bali
probisnis.net

Cara memasak hidangan yang satu ini memang cukup unik. Bagaimana tidak? Biasanya ikan diolah dengan cara digoreng, dibakar atau direbus dengan bumbu-bumbu khusus, tetapi di Bali ikan dijadikan bahan utama membuat sate. Sate lilit khas bali ini merupakan makanan yang populer di daerah Bali dan sangat disukai oleh wisatawan mancanegara.

Sate lilit biasanya menggunakan bahan utama ikan tenggiri yang terkenal memiliki daging yang enak dan empuk. Kalau kamu ada rencana untuk berkunjung di Bali jangan lupa untuk mencoba makanan khas yang satu ini.

Pindang Ikan Patin Khas Palembang

Pindang Ikan Patin Khas Palembang
kitabmasakan.com

Kota yang terkenal dengan makanan empek-empek ini ternyata memiliki makanan khas yang sangat lezat, salah satunya adalah pindang ikan patin. Masakan pindang ikan patin telah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Palembang, tidak heran bila banyak restoran yang menyediakan menu ini.

Ikan patin yang memiliki tekstur daging yang lembut dan tebal dipadukan dengan bumbu rempah-rempah pasti akan menghasilkan rasa yang sangat enak.

Tinggalkan komentar