5 Masjid Terindah di Indonesia

Salah satu pilar penting dalam agama Islam adalah ibadah shalat, bahkan shalat pula yang menjadi garis identitas keislaman seseorang.

Maka masjid sebagai tempat untuk menunaikan shalat juga merupakan bagian penting dari pengamalan ajaran Islam. Pada sejarahnya masjid bahkan tidak hanya sebagai tempat beribadah, tetapi juga untuk aktivitas sosial seperti pendidikan, pemerintahan dan ekonomi umat.

Fungsi masjid saja bisa berkaitan dengan budaya manusia, apalagi pada bangunan arsitekturnya, yang juga tidak lepas dari perkembangan kebudayaan masyarakat setempat.

Masjid kadang juga dianggap sebagai tolak ukur peradaban Islam, seberapa besar kualitas dan kuantitas umat muslim di suatu tempat.

Maka tak ayal jika umat muslim di Indonesia banyak yang menghendaki agar masjid-masjid yang menjadi ikon suatu daerah, dibangun sebagus dan seindah mungkin.

Bukan bermaksud untuk bermegah-megahan semata atau bahkan untuk pamer kehebatan, semua ditujukan agar umat muslim semakin nyaman dan rindu selalu untuk beribadah ke masjid.

Penasaran seperti apa saja masjid terindah di negara kita? Berikut ini adalah 5 masjid paling indah yang ada di Indonesia.

Masjid Islamic Centre Samarinda

Merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal Jakarta, masjid Islamic Centre Samarinda memiliki luas bangunan mencapai  43.500 meter persegi.

Bukan hanya terlihat megah, arsitektur masjid ini juga tampak begitu indah dengan menara seperti Masjid Nabawi dan kubah seperti Haghia Sophia di Istanbul.

Menambah kesan cantik, Masjid Samarinda ini berda persis di pinggir Sungai Mahakam, sehingga sangat elok dalam pandangan mata.

Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Depok

Tidak usah dijelaskan panjang lebar, semua yang melihat Masjid Dian Al Mahri pasti tahu apa yang membuat masjid ini begitu indah dan menakjubkan.

Ya, masjid yang sering disebut Masjid Kubah Mas ini memang-memang betul-betul dilapisi emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal pada kubahnya.

Secara arsitektur Masjid ini seperti masjid pada umumnya di timur tengah, yang membuatnya begitu istimewa adalah berbagai oranamen seperti kubah emas dan 4 kubah emas kecil, lapisan emas pada relief kaligrafi interior, dan juga lampu kristal seberat 2,7 ton yang didatangkan dari Italia.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Kauman yang sekarang disebut Masjid Agung Semarang disebut-sebut sebagai masjid raya tertua yang ada di Jawa. Kamu bisa berwisata sejarah sekaligus juga wisata religi.

Menilik catatan yang tertera dalam prasasti di gerbang masuk masjid. Tertulis dalam bahasa Belanda, masjid dibangun pada tahun 1750 atau sekitar abad ke-18. Masjid ini diyakini sebagai masjid terbesar di Jawapada zamannya.

Selain sebagai tertua dan terbesar, kini julukan masjid terindah di Indonesia juga pantas disematkan oleh masjid ini. Semenjak renovasi besar-besaran yang dimulai tahun 2001 dan berakhir  2006, Masjid Agung Jaawa Tengah semakin indah dengan paduan arsitektur Jawa, Timur Tengah dan Romawi.

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Keindahan masjid ini sudah diakui dan terkenal di Indonesia. Letak keindahannya bukan karena kemegahannya, bukan karena lapisan emas dan kristal. Justru letak keindahannya ada pada seni arsitekturnya yang begitu original dan mewarisi  peradaban Islam di masa lampau.

Masjid yang memiliki 7 kubah ini makin disorot dan mengundang ketakjuban ketika terjadi bencana tsunami tahun 2004. Saat itu hampir semua  bangunan luluh lantah disekitar Masjid Baiturrahman, namun masjid ini dengan kokohnya masih tegak bediri melindungi sebagian warga yang ada di dalamnya.

Masjid Agung Tuban

Kalau melihat masjid saat ini, kamu pasti nggak akan percaya bahwa masjid ini dibuat pertama pada abad 15. Soalnya  arsitektur Masjid Agung Tuban sudah dirombak total dan terlihat begitu indah dengan gaya modern.

Paling menonjol adalah pilihan warna dan desain eksterior yang tampak indah. Banyak yang bilang, kolom-kolom pada Masjid Agung Tuban mirip seperti Masjid Cordoba di Spanyol.

Tinggalkan komentar