Mengapa Pria dan Wanita Mata Biru Tampak Lebih Menarik?

Kalau ditanya mata seperti apa yang menarik, banyak orang akan menjawab mata yang berwarna biru. Baik pria maupun wanita akan hanyut ke dalam tatapan pemilik nayanika ini. Pertanyaannya, mengapa mata biru lebih disukai? Mengapa mata yang disebut paling indah itu berwarna biru?buku why beautiful people have more daughters

Dalam buku Why Beautiful People Have More Daughters, Alan Miller dan Satoshi Kanazawa memberikan penyebab psikologis akan hal ini. Kita perlu mengintip lagi pelajaran biologi semasa sekolah dulu, yakni tentang anatomi mata.

1

Pupil mata, indikator ketertarikan seseorang

 

Pupil mata akan membesar saat seseorang memandang sesuatu yang ia sukai. Misalnya pupil wanita membesar saat berbicara dengan orang yang dia sukai. Atau pupil seorang pelamar kerja membesar saat ia sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan yang mewawancarainya.

Begitu pula sebaliknya. Saat sedang tidak tertarik, pupil secara otomatis mengecil.

Pupil ini sangat jujur, mayoritas orang tidak sadar kalau pupilnya membesar saat bertemu hal (dan tentu, orang) yang ia sukai. Orang yang sedang bosan, pupilnya akan tetap mengecil walau ia berusaha untuk pura-pura tertarik.

Ada 2 fakta yang perlu kita perhatikan:

  1. Semua orang di dunia ini punya warna pupil yang sama, yakni coklat gelap.
  2. Biru adalah warna iris (selaput pelangi) yang paling terang (warna paling gelap adalah coklat gelap).

Dari 2 fakta ini, bisa kita simpulkan bahwa ukuran pupil paling mudah diamati pada orang yang bermata biru. Jelas, iris warna biru sangat kontras dengan pupil coklat gelap.

Jika kamu menonton film di mana para pemainnya memiliki warna mata yang berbeda-beda, akan lebih mudah untuk “membaca perasaan” pemain yang matanya biru. Seperti pemeran Annabeth Chase dalam film Percy Jackson yang satu ini, Alexandra Daddario.

mata biru menarik alexandra daddario

Itulah juga yang menyebabkan mata biru disukai baik oleh pria maupun wanita. Pria dan wanita sama-sama ingin tahu apakah lawan jenis yang sedang mengobrol dengannya ini benar-benar tertarik padanya atau tidak.

Kalau dikaitkan dengan masalah “perasaan suka,” pria dan wanita sama-sama merasa takut kalau-kalau ia jatuh cinta pada orang yang ternyata tidak punya minat. Namun  dampak negatifnya, mata biru akan sulit berbohong. Kalau wanita bermata biru sedang tidak tertarik pada seseorang, pria yang mendekatinya akan lebih cepat membaca perasaannya.

2

Cokelat gelap: warna mata yang paling tidak menarik?

 

Sebagai lawan dari mata biru, ada mata cokelat gelap. Mata dengan warna ini sering dianggap “misterius.”

Penyebabnya adalah iris yang cokelat gelap sangat mirip dengan warna pupil. Kesamaan warna membuat kita sulit mengamati ukuran pupil pada mata cokelat gelap. Akibatnya sulit bagi kita untuk memperkirakan apakah sang pemilik mata tertarik pada kita atau tidak. Oleh karena itu banyak orang, baik pria maupun wanita, cenderung kurang suka mata cokelat yang sangat gelap.

3

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang tidak memiliki mata biru?

 

Secara genetik, orang Indonesia memang tidak bisa bermata biru. Apakah kita tidak bisa punya mata yang menarik?

Esensi dari mata biru adalah membuat orang yang kita sukai tidak perlu merasa sulit menebak isi pikiran kita. Oleh karena itu, sikap dan kata-kata yang tulus dapat menggantikan mata biru.

Betapa banyak orang yang tampilan fisik matanya biasa-biasa saja, tapi bisa menarik simpati banyak orang dengan ketulusannya? Orisinalitas kita, ketulusan kita, itulah yang akan membuat orang yang kita kasihi melihat mata kita sebagai mata yang indah.

PS: Jangan memasang lensa kontak berwarna biru. Lensa kontak membuat ukuran pupil mata kita sulit terlihat. Hal ini  justru mempersulit orang lain untuk menebak isi perasaan kita.

Tinggalkan komentar