Ingin Mata Tetap Sehat? Konsumsilah 5 Makanan Berikut

Setiap indra memiliki fungsi masing-masing dan fungsinya tersebut sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan panca indra yang sudah dikaruniakan Allah.

Nah, dari panca indra, beberapa sering kali terjadi masalah karena faktor umur atau juga kurang dijaganya indra tersebut. Salah satunya adalah indra penglihatan. Indra penglihatan ini sering kali bermasalah karena faktor umur.

Semakin bertambah usia seseorang, maka indra penglihatannya semakin bermasalah. Selain faktor umur, indra penglihatan juga bisa bermasalah karena kurang pedulinya dalam menjaga indra penglihatan ini.

Oleh karena itu, sangat penting dalam menjaga indra penglihatan agar penglihatan tetap jelas, meskipun usia semakin bertambah.

Salah satu cara menjaganya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin A? Berikut daftarnya.

Mangga

www.bosacemaxs.web.id

Buah musiman ini sering dikenal memiliki banyak sekali kandungan seratnya. Namun, mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak.

Dalam satu cangkir mangga dapat memenuhi 26% kebutuhan tubuh terhadap vitamin A. Jadi, mangga juga sangat baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan mata.

Ubi Jalar

leavesandfruit.com

Siapa sangka bahwa dahulunya ubi jalar merupakan makanan pokok penduduk Amerika. Jadi, Indonesia dan Amerika memiliki kesamaan dalam makanan pokoknya.

Karena ubi jalar dulunya juga makanan pokok rakyat Indonesia sebelum ditetapkannya nasi sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain itu, ubi jalar juga banyak dikonsumsi oleh artis Jepang dan Korea.

Mereka mongonsumsi ubi jalar dengan tujuan untuk menjaga kesehatan kulit. Selain menjaga kesehatan kulit, ubi jalar juga membantu menjaga kesehatan mata. Karena ubi jalar banyak mengandung vitamin A.

Dalam satu buah ubi jalar mengandung 21.909 IU vitamin A. Dalam artian, satu ubi jalar bisa memenuhi 400% kebutuhan vitamin A orang dewasa. Ubi jalar ternyata hanya mengandung 103 kalori. Hal ini sangat baik dikonsumsi bagi orang yang diet.

Wortel

manfaatacemaxs.web.id/

Sayuran yang satu ini sudah banyak dikenal oleh orang. Selain itu juga sudah dikenal baik dalam menjaga kesehatan mata.

Ketika mata mengalami gangguan, seperti mulai samar-samar melihat, maka yang sering kali dianjurkan oleh orang adalah perbanyaklah mengonsumsi wortel. Ya, memang benar adanya. Karena wortel memiliki kandungan vitamin A sangat tinggi.

Satu buah wortel saja memiliki kandungan vitamin A sebanyak 10.191 IU vitamin A. Wortel juga ternyata memiliki kandungan vitamin B, C, K, magnesium, dan serat.

Paprika

coolinary.blogspot.com

Pernahkah kamu nonton anime Doraemon? Jika kamu pernah bahkan sangat suka menonton Doraemon, kamu pasti tahu sayuran yang paling dibenci oleh Nobita. Ya, sayuran tersebut adalah paprika.

Entah kenapa Nobita sangat membenci sayuran yang berwarna hijau ini. Padahal, paprika merupakan salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Dalam satu butir paprika mengandung 3448 UI vitamin A.

Artinya adalah satu butir paprika bisa memenuhi 69% kebutuhan tubuh terhadap vitamin A. Selain vitamin A, paprika juga mengandung vitamin C, kalsium, dan kalium.

Bayam

beritadaerah.co.id

Makanan terakhir yang kaya akan vitamin A dan mampu menjaga kesehatan mata adalah bayam. Meskipun bayam lebih dikenal masyarakat dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi, ternyata bayam juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi pula.

Dalam satu cangkir bayam dapat memenuhi 59% kebutuhan tubuh terhadap vitamin A setiap hari. Cara mengonsumsi bayam juga cukup mudah. Kamu bisa jadikan sayuran ini sebagai tumis, sayur bayam, dan sebagainya.

Tinggalkan komentar