7 Negara Ini Memiliki Mata Uang Terendah di Dunia

Mata uang merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan perekonomian suatu negara. Uang merukapan alat yang digunakan untuk transaksi jual beli. Nah, jika mata uangnya rendah, maka bisa berakibat buruk untuk perekonomian negara.

Adapun yang dimaksud mata uang terendah di sini adalah mata uang yang memiliki nilai sangat rendah jika dibandingkan dengan Dolar AS. Mengapa Dolar AS? Karena mata uang ini merupakan kiblat tinggi rendahnya mata uang.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai daftar negara yang memiliki mata uang terendah di dunia. Yuk, simak dengan seksama.

 

Zimbabwe

harianaceh.kilatstorage.com

Coba bayangkan, ketika kamu harus membawa sekantong plastik uang untuk membayar 1 kg tomat? Atau membawa puluhan gepok uang hanya untuk membayar gandum? Mungkin yang ada kamu akan dibuat pusing ya. Inilah yang terjadi ketika kamu berada di Zimbawe.

ZImbawe berada di negara Afrika bagian selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan Zambia di sebelah utara, Bostwana di sebelah barat, Mozambik dan Zambia di sebelah timur. Negara ini sedang mengalami kemerosotan ekomomi yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, bahkan inflasinya saja mencapai 2 juta persen. Hal ini mengakibatkan mata uangnya berada di level paling rendah.

Mata uang yang digunakan adalah Dolar Zimbawe. Kabar terakhir menyebutkan Bank Setral Zimbawe mengeluarkan uang pecahan sebesar 100 Triliyun Dolar Zimbawe. Waaw, seberapa banyak tuh nol nya?

Sebagai perbandingan, untuk naik bis saja memerlukan biaya 3 Triliyun Dolar Zimbawe yang jika disetarakan hanya 50 sen Dolar AS. Akibat keadaan ekonomi yang buruk, akhirnya banyak orang Zimbawe yang memakai uang Dolar AS sejak tahun 2009.

Iran

twinfernosa.blogspot.com

Saat ini Iran merupakan negara yang mempunyai mata uang terendah di dunia. Mata uang negara ini bernama Rial Iran (IRR). Untuk nilai tukarnya sendiri satu Dolar AS sebanding dengan 27.008 IRR. Uang kertas nominal terbesarnya adalah 100.000 IRR. Sedangkan uang koin terbesarnya adalah 5.000 IRR

Vietnam

media2.allnumis.com

Negara tetangga kita yakni Vietnam juga termasuk ke dalam jajaran negara yang mempunyai mata uang terendah di dunia. Mata uang Vietnam adalah Vietnam Dong (VND). Mata uang negera ini mendudukui posisi terendah setelah mata uang Iran. Sebagai perbandingannya, 1 dolar AS sebanding dengan 21.275 VND. Bahkan, Bank Central Vietnam mengeluarkan uang kertas dengan nominal terbesar yakni 500.000 VND.

Sao Tome

kurniaone.heck.in

Mungkin negara ini tidak begitu populer di telinga kita. Negara ini terdapat di benua Afrika. Bentuk geografis negara ini adalah negara kepulauan yang didalamnya terdapat pulau-pulau kecil serta gunung berapi. Sao Tome ini merupakan negara bekas jajahan Portugis. Kini negara ini dikenal sebagai pengekspor coklat, kopi, dan kelapa sawit.

Mata uang Sao Tome bernama Dobra (STD). Jika dibandingkan, 1 Dolar AS sama dengan 30.032 STD. Uang kertasnya memiliki nilai nominal tertinggi yakni 100.000 STD.

Indonesia

sukimanowar.blogspot.com

Perlu kamu ketahui, Indonesia ternyata masuk dalam jajaran negara dengan mata uang terendah di dunia. Mata uang Indonesia sendiri adalah Rupiah. 1 Dolar AS bernilai 14.000 Rupiah. Nilai Dolar AS terhadap Rupiah selalu naik turun, hal ini sangat terpengaruh oleh situasi dalam negeri. Nominal terkecilnya bernilai 100 rupiah, sedangkan nominal terbesarnya adalah 100.000 Rupiah.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan rendahnya mata uang Indonesia. Salah satunya adalah korupsi yang menggurita, infrastuktur yang buruk, sitauasi dalam negeri yang tak kondusif, serta buruknya birokrasi yang ada di pemerintahan.

Laos

mas-zacky.blogspot.com

Negara yang dijuluki “Negara Seribu Gajah” merupakan salah satu negara Asia yang berbatasan dengan Cina, Burma, Kamboja, dan Thailand. Negara ini juga sering dikenal sebagai pusat perdagangan candu di Asia.

Mata uang Laos adalah Kip (LAK). Perbandingannya sendiri, untuk 1 Dolar AS bernilai 8.081 LAK. Nominal terbesarnya bernilai 50.000 LAK. Perlu kamu ketahui, Laos adalah enegara yang jarang memakai uang koin.

Korea Utara

huffpost.com

Negara yang berbatasan dengan Korea Selatan ini memiliki mata uang bernama Won (KPW). Adapun nilai tukar untuk 1 Dolar AS sebesar 8.760 Won. Sementara, untuk nominal terbesarnya adalah 5.000 Won.

Tinggalkan komentar