Keindahan Mawar Hitam, Bunga yang Gelap tapi Memesona

Selama ini, mungkin kamu hanya tahu mawar itu warnanya merah saja. Tapi, ternyata ada juga lho mawar yang warnanya hitam legam. Dan, mawar ini masih sangat sulit untuk ditemui di pasaran.
Kamu bisa coba cari deh, di toko-toko penjual bunga atau di mana gitu, pasti sangat jarang ditemui mawar yang warnanya hitam. Sebenarnya apasih mawar hitam itu? Kalau kamu pengen tahu, baca sampai habis aja artikel ini.
 

Bunga Mawar Hitam

hdwallpapers.cat
hdwallpapers.cat

Sebelum bahas mawar hitam, kita ngomongin dulu apa itu mawar ya. Mawar merupakan tanaman semak berduri yang tinggiya bisa mencapai 5 meter. Tanaman ini termasuk dalam genus rose dan merupakan ratu bunga yang biasanya digunakan untuk menyatakan cinta.

Tanaman mawar memiliki berbagai macam warna, yang paling terkenal tentu saja mawar merah. Tapi, selain mawar merah, ada juga mawar biru, mawar ungu, mawar putih, mawar kuning, bahkan ada juga mawar hitam.

Dari banyaknya jenis mawar tersebut, semua tentu ada peminatnya masing-masing. Begitu juga dengan mawar hitam, banyak juga lho yang menyukai bunga yang satu ini. Tapi, ada juga lho yang menyukai mawar hitam karena syarat untuk digunakan dalam ritual tertentu.

Kalau kamu juga suka dengan mawar hitam, jangan heran jika ternyata mencari bunga yang satu ini sulit. Bunga mawar hitam merupakan bunga yang langka dan belum banyak yang membudidayakannya.

Habitat Mawar Hitam

daunbuah.com
daunbuah.com

Kalau kamu memang benar-benar ingin mencari mawar hitam, coba cari di pedalaman hutan. Karena, mawar ini memang hidupnya itu berada di tengah hutan. Terutama hutan yang dingin dan hanya sedikit saja mendapatkan sinar matahari. Mungkin, karena habitatnya itulah, mawar yang satu ini jadi punya warna yang hitam.

Warna Hitam pada Mawar

hdwallpaperwebs.com
hdwallpaperwebs.com

Warna hitam yang ada pada mawar ini karena adanya pigmen warna di dalam kelopaknya. Pigmen yang ada dalam mawar hitam adalah antosianin, yaitu pigmen alami yang juga terdapat pada raspberry dan blueberry.

Untuk menikmati keindahan mawar ini, kamu hanya bisa melihatnya setahun dua kali saja, yaitu saat mekarnya. Mawar hitam ini hanya mekar dua kali dalam satu tahun selama 15 hari.

Menanam Mawar Hitam

7-themes.com
7-themes.com

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba membudidayakan mawar hitam ini? Jika iya, maka kamu tentu harus membeli terlebih dahulu benih mawar hitam di toko. Kamu bisa mencarinya di toko-toko bunga, atau kalau nggak mau tibet, ya coba saja cari di toko online.

Setelah kamu dapatkan benihnya, jangan lupa juga siapkan bahan lain yang diperlukan untuk menanam mawar hitam. Seperti pupuk, tanah, pot, dan lainnya.

Nah, menanam mawar hitam ini nggak sulit kok, bahkan cukup mudah. Kamu cuma perlu memerhatikan pengairannya, supaya tanaman mawar dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, kamu juga harus memerhatikan tempat menanam pohon mawar hitam ini. Jangan tanam di tanah yang berpasir atau terlalu gembur, karena nanti pohon mawar tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

youtube.com
youtube.com

Kamu juga harus memerhatikan intensitas cahaya yang mengenai tanaman mawar hitam. Karena, habitat asli dari mawar hitam ada di dalam hutan yang sedikit sinar matahari, maka kamu juga harus meletakkan tanaman mawar ini di tempat yang sedikit sinar matahari.

Tanaman mawar hitam juga menyukai udara dingin yang akan membuat metabolisme tanaman ini lebih lambat. Nah, jika kamu meletakkan tanaman mawar hitam di tempat yang dingin, maka warna dari bunganya tidak akan cepat rusak.

Merawat Mawar Hitam

stadiumflowers.wordpress.com
stadiumflowers.wordpress.com

Jika kamu serius menanam mawar hitam, perhatikan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman ini. Kamu bisa memberikan pupuk agar tanaman ini cepat berbunga.

Selain itu, kamu juga harus melakukan pemangkasan agar tanaman mawar hitam milikmu terlihat rapi. Pemangkasan juga dapat merangsang tanaman jadi lebih sering berbunga lho.

Tinggalkan komentar