5 Media Sosial yang Populer di Awal Tahun 2000-an

Apakah kamu mengalami masa remaja di awal tahun 2000-an? Sangat menyenangkan bukan? Saat itu teknologi tidak secanggih sekarang. Begitu pun internet yang hanya bisa dinikmati lewat saluran warnet.

Internet di zaman tersebut belum bisa diakses via ponsel maupun netbook. Warnet menjadi obyek bisnis yang laris manis di awal era millennium itu.

Meskipun remaja tatkala itu harus pergi ke warnet untuk bisa mengakses internet, namun media sosial tidak lepas dari incaran mereka. Jauh sebelum facebook, twitter, instagram, google plus dan lain-lainnya terlahir, ada beberapa media sosial yang tren di kala itu.

Sayangnya, media sosial era 2000-an tenggelam ditelan teknologi internet yang semakin kekinian. Nostalgia yuk, dengan 5 media sosial yang populer di awal tahun 2000-an berikut ini.

Yahoo Messenger

filecluster.com

Satu-satunya media sosial yang masih bisa kamu unduh meskipun sudah ketinggalan zaman adalah Yahoo Messenger atau YM. Namun, sudah tidak banyak yang memakainya sekarang.

Aplikasi yang mirip dengan fitur BBM dan whatsapp ini memang menjadi tren anak muda di era 2000-an. Beberapa layanan di YM yang dapat kamu nikmati diantaranya, chating, panggilan suara, game, webcam, emoticon dan lain-lain.

Selain itu, YM juga bisa mengantarkan kamu menuju pertemanan di mancanegara, lho. Keren kan? Walaupun kini sudah tidak terdengar lagi dengungnya, YM tetap menjadi legenda di hati para penggemarnya terdahulu.

Friendster

miggydu.wordpress.com

Apa kabar friendster? Coba deh kamu tanya kepada kakak atau seniormu yang mengalami masa remaja di awal tahun 2000-an, pasti hampir semua punya friendster. Saat kamu membuka situs friendster pasti yang nampak adalah situs game online.

Dulunya, friendster merupakan dewanya jejaring sosial sebelum facebook diluncurkan. Friendster populer di tahun 2002 sampai akhir 2007. Setelah itu, mulai tergeser oleh kehadiran facebook dan jejaring sosial lainnya.

Tahun 2009, friendster berubah menjadi situs game sosial. Bagi kamu yang dulu punya akun friendster masih bisa login ke dalamnya. Tapi, semua data kamu jelas terhapus.

Kamu hanya akan menemukan fasilitas game, seperti strategi, simulasi, aksi dan petualangan. Hebatnya, peminat new friendster ini terbilang banyak. Peminatnya tentu saja para penghobi game.

MXIT

get.mxit.com

Ini BBM-nya remaja yang berjaya di awal tahun 2000-an, MXIT. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang bisa dipasang di ponsel atau PC secara gratis. Ya, sejenis pesan instan di ponsel dan jaringan sosial.

Melalui MXIT, seseorang akan terhubung denga pemakai aplikasi Yahoo, google talk, ICQ, AIM dan windows live messenger. Adanya MXIT ini untuk mempermudah komunikasi.

mIRC

windows.softw.sp

Remaja era awal 2000-an pasti tidak asing lagi dengan situs chating yang satu ini. Kelebihan situs mIRC yakni seseorang bisa menyembunyikan identitas penggunanya. Pengguna dapat melakukan chat dengan nama samaran.

Kamu juga bebas memilih chat dengan siapapun. Bahkan tak jarang, situs ini dijadikan sarana mencari pacar. Kode yang biasa digunakan pengakses mIRC, yaitu asl plz yang artinya age, sex, location please.

Namun, sepertinya bahaya kalau mIRC masih ada di zaman sekarang. Pasalnya, kejahatan sudah semakin merebak hingga ke media sosial.

Mozila Firefox

buntumaniac.com

Mozila firefox merupakan Browser andalan anak muda awal tahun 2000-an. Ketika itu dianggap sebagai browser paling canggih dan tercepat. Netizen lebih suka memakai mozila dibandingkan dengan internet explore.

Kini popularitas mozila sudah agak tergeser dengan kehadiran google chrome. Meskipun demikian, ini satu-satunya media sosial yang masih bertahan dari awal tahun 2000-an sampai sekarang.

Tinggalkan komentar