Melancarkan Produksi ASI

Produk susu formula memang telah merajalela dan menjanjikan banyak manfaat bagi anak. Meski demikian air susu ibu (ASI) tetaplah menjadi asupan makan terbaik bagi bayi. ASI merupakan berkah dari Tuhan untuk seorang ibu yang tak ternilai harganya. Makanan utama bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan adalah ASI. Namun, beberapa ibu menyusui punya masalah dengan ASI yang tidak lancar. Jika Anda salah satunya, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk tidak menyusui bayi Anda.

Produksi ASI dipengaruhi oleh dua hormon yaitu oksitosin dan prolaktin. Hormon prolaktin berpengaruh terhadap produksi ASI. Hormon oksitosin berpengaruh terhadap kelancaran proses pengeluaran ASI. Semakin banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu menyusui maka semakin banyak pula hormon prolaktin yang memproduksi ASI.
Selain menambah asupan nutrisi masih ada banyak lagi cara untuk memperlancar produksi ASI. Inilah caranya.

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ibu menyusui membutuhkan banyak nutrisi untuk memperbanyak hormon prolaktin agar produksi ASI juga banyak. Selain melancarkan ASI, kebutuhan nutrisi yang lengkap juga akan menghasilkan ASI yang berkualitas. Sebaiknya, ibu menyusui banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.

2. Meningkatkan Frekuensi Menyusui atau Memompa

Tahukan Anda, semakin jarang ibu menyusui bayinya maka produksi ASI juga akan berkurang. Apabila ibu menyusui sibuk bekerja, maka ibu dapat menggunakan alat khusus yang berfungsi untuk memompa payudara agar ASI yang diproduksi tetap banyak.

3. Mengurangi Kadar Gangguan Psikologis

Stres merupakan gangguan psikis yang sering dialami oleh banyak orang tak terkecuali ibu menyusui. Pada ibu menyusui, stres dapat mempengaruhi kelancaran produksi ASI, bahkan mengurangi produksi ASI. Hal ini Karena ibu berada dalam keadaan yang tidak rileks, senang dan tenang.

4. Merawat Payudara

Perawatan payudara yang baik juga penting dilakukan ibu menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui perlu membersihkan payudara secara rutin. Sebaiknya bersihkan dengan air dingin dan air hangat secara bergantian dan melakukan pijatan pada payudara.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar