Memasak Sayur yang Benar

Ada banyak manfaat sayur dapat kita petik. Sayuran mengandung vitamin yang dapat melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh. Sayur juga merupakan sumber serat yang bebas lemak sehingga memudahkan proses pencernaan. Klorofil daun menyimpan betakaroten, alfakaroten, dan lutein yang mampu melindungi sel lemah dari serangan benih kanker. Sayur, terutama sayuran hijau, menjaga kita dari berbagai penyakit akibat gangguan pada pembuluh darah, seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung koroner, dan katarak. Bahkan dengan makan sayur juga juga bisa mengurangi risiko menderita patah tulang, sekaligus membantu pertumbuhan gigi yang sehat dan kuat.

Sekian banyak kebaikan sayur akan menghilang jika tidak dimasak dengan tepat. Jika Anda salah memasak sayur akibatnya gizi dan mineral di dalamnya akan menguap sia-sia. Agar hal itu tidak terjadi, inilah beberapa cara memasak sayuran supaya kandungan gizi yang terkandung di dalam sayuran tersebut tetap dapat Anda nikmati

1. Gunakan Panci berbahan Stainless

Apabila Anda memasak sayuran hijau dengan panci stainless maka keasamannya tidak bereaksi dengan logam.

2. Jangan Cuci Persediaan Sayur Sebelum Benar-Benar Akan Dimasak

Jika Anda terbiasa menyimpan persediaan sayur untuk beberapa hari ke depan, sebaiknya simpan di tempat yang dingin tanpa mencucinya. Kondisi basah pada sayuran akan membuat sayuran cepat busuk

3. Selalu Cuci Sayur Sebelum Dimasak

Sayur Anda telah mengalami perjalanan yang panjang sebelum sampai ke tangan Anda. Tentu ada banyak kuman menempel pada sayuran. Untuk itu, selalu cuci sayur sebelum memasaknya. Cara pencuciannya, isi baskom/bak dengan air hangat terlebih dahulu. Tanah yang menempel pada sayuran akan mudah lepas jika dicuci dengan air hangat. Anda juga dapat mencuci sayuran dengan air mengalir untuk menghindari sayur menjadi layu. Kemudian, Tiriskan sayur yang telah dicuci di atas saringan sayur. Jangan lupa beri alas saringan sayur dengan menggunakan serbet bersih.

4. Metode Memasak Sayur yang Paling Sehat: Mengukus

Mengukus adalah cara memasak sayur yang paling sehat karena cara tersebut dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu yang singkat.

5. Hindari Memasak Sayur Menggunakan Panci Presto

Sebaiknya hindari penggunaan panci presto untuk memasak sayur, terlebih bila Anda tidak mengetahui benar berapa waktu yang dibutuhkan untuk memasak setiap jenis sayuran. Jika Anda menggunakan cara merebus untuk memasak sayuran, biarkan air mendidih kurang lebih 2 menit hingga oksigen berkurang. Setelah itu barulah Anda dapat memasukkan sayurnya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar