Membasmi Semut

Tidak jarang semut menyerang makanan yang ada di rumah Anda. Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi semut. Anda dapat menggunakan kapur semut atau obat serangga. Namun, membasmi semut dengan bahan kimia berbahaya jika di dalam rumah Anda terdapat anak kecil.

Solusi tepat mengusir semut dengan aman dan ramah lingkungan yakni dengan bahan alami saja. Inilah bahan pengusir semut yang bisa Anda coba.

1. Kayu manis

Kayu manis tidak disukai semut. Untuk mengusir semut, taburkan bubuk kayu manis di sekitar pintu, jendela dan lantai yang menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah.

2. Air Jeruk Nipis

Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yang ditangkap semut. Untuk mengusir semut, semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut.

3. Ampas Kopi

Jika Anda hobi minum kopi, jangan buru-buru membuang ampas kopi. Ampas kopi bisa digunakan untuk mengusir semut, caranya taburkan ampas kopi di sekitar jendela atau pintu yang menjadi jalan masuk semut ke rumah Anda.

4. Tepung Jagung

Tepung jagung atau tepung maizena juga dapat Anda gunakan untuk mengusir semut. Caranya, cari sarang semut kemudian taburkan tepung jagung di sarang semut tersebut. Tidak lama kemudian semut akan segera meninggalkan sarangnya.

5. Daun Sirih

Serangga seperti semut tidak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih. Untuk mengusir semut, remas-remas daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun.

6. Cengkeh

Semut akan menghindar dan pergi ketika mencium bau cengkeh yang khas. Caranya dengan menaburkan cengkeh di sekeliling benda yang ingin dijauhkan dari kerumunan semut. Taburkan juga pada tempat yang sering dilalui dan digunakan semut berkeliaran.

7. Peppermint

Minyak esensial dari peppermint juga bisa difungsikan untuk mengusir semut. Jika Anda kesulitan untuk menemukan minyak esensial peppermint, Anda bisa menggunakan sabun cair beraroma mint. Caranya, campur sabun dengan air dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut.

8. Kulit Telur Ayam

Biasanya kulit telur ayam akan langsung dibuang karena tidak dapat dimakan. Mulai sekarang jangan buru-buru membuang kulit telur ayam jika di rumah Anda banyak semut. Sangrailah kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuk kulit telur tersebut sampai halus. Selanjutnya, taburkan di sarang semut.

9. Cuka

Semut tidak menyukai cuka. Menuangkan cuka di atas sarang semut akan membuat semut pergi dari sarangnya dan tidak akan pernah kembali lagi.

10. Sabun Cuci

Selain berguna untuk membersihkan lemak di piring, sabun cuci piring juga bisa untuk mengusir semut. Caranya, campurkan air dengan sabun cuci piring lalu masukkan kedalam botol semprot. Untuk mengusir semut, semprotkan air campurab tersebut pada kerumunan semut.

Lingkungan yang indah hanya bisa terwujud dengan pola hidup yang bersih. Jagalah kebersihan rumah Anda agar terhindar dari serangan semut. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar