Membasmi Tikus di Rumah

Anda tentu tidak nyaman ketika tidur lalu terdengar suara tikus yang berbuat gaduh di balik lemari, di atas eternit atau bahkan bikin piring makan di dapur. Apa lagi kalau tikus-tikus itu melakukan aksi kejar-kejaran di atas genting tengah malam. Selain takut terhadap kucing, tikus dapat Anda basmi dengan cara yang sederhana. Berikut rangkuman beberapa cara sederhana mengusir tikus.

1. Peppermint (Daun mint)

Tikus sangat membenci aroma daun mint. Untuk mengusir tikus, sediakan beberapa ikat daun mint kemudian ambil sarinya dan larutkan ke dalam air. Setelah larut semprotkan cairan mentol tersebut ke tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus. Tikus akan menghindari tempat yang berbau daun tersebut. Atau jika ingin lebih hemat lagi, yakni dengan menanam pohon mint di sekitar rumah. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun mint pun dapat mengusir tikus-tikus yang berusaha masuk ke rumah.

2. Soda Pop (Bom Soda)

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tikus tidak mampu bersendawa ataupun mengeluarkan gas dari tubuhnya. Untuk itulah cairan ataupun bubuk baking soda dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mengusir tikus. Caranya, campurkan cairan soda ataupun seruk baking soda ke dalam makanan yang disenangi tikus. Tikus tidak akan mencuri makanan di rumah Anda lagi karena tidak mampu mengeluarkan gas hasil reaksi cairan soda dengan asam di dalam perut.

3. Saus Cabai, Air dan Deterjen Pakaian

Bagi Anda yang hobi berburu, campurkan saus cabai terpedas dengan deterjen pakaian kemudian dilarutkan ke dalam air di dalam botol spray. Gunakan cairan ini sebagai senjata Anda. Tentu saja Anda harus siap siaga dengan botol spray pedas di samping Anda.
Ketika tampak tanda-tanda kedatangan tikus, semprot dengan cairan tersebut. Namun Anda harus berhati-hati dalam menggunakan dan menyimpannya karena berbahaya terutama jika terkena mata.

4. Ammonia

Ammonia berfungsi untuk menghilangkan tanda kekuasaan tikus, sehingga tikus akan tersesat dan mencari teritori baru. Disebutkan bahwa tikus menandai daerah kekuasaannya dengan air kencingnya, dengan menyemprotkan ammonia yang berbeda maka jejak dan kekuasanya akan hilang. Ammonia merupakan zat yang terkandung di dalam urin manusia. Caranya, semprotkan ammonia ke daerah-daerah yang dihuni atau dilewati tikus. Namun jangan terlalu banyak menyemprotnya karena seisi rumah kita bau pesing.

5. Suara Aneh

Terakhir, gunakan perangkat apapun yang dapat mengeluarkan bebunyian aneh. Selain membenci bunyi jangkrik, kucing dan anjing, tikus selalu merasa terganggu dengan bunyi-bunyian aneh yang belum pernah ia dengar sebelumnya. Anda dapat menggunakan mainan anak Anda yang masih berfungsi namun sudah tidak terpakai. Kemudian letakkan di tempat-tempat yang selalu didatangi ataupun dilalui oleh tikus.

Sebuah kata bijak mengungkapkan bahwa kebersihan membuat ruang yang sempit terlihat lebih luas. Jagalah kebersihan rumah Anda agar para tikus tidak menjadi penghuni tambahan yang mempersempit rumah Anda. Semoga informasi in bermanfaat.

Tinggalkan komentar