Memberikan ASI Perah yang Benar

Anda adalah wanita yang harus melakukan kegiatan di luar rumah? Sementara anak Anda di rumah masih bayi dan membutuhkan ASI eksklusif? Tidak usah cemas, Anda dapat mengatasinya dengan Air Susu Ibu Perah atau ASIP. Selain harus mengetahui cara yang benar dalam menyimpan ASIP, Anda juga perlu memberikan ASIP perah dengan cara yang benar.

Cara yang baik untuk memberikan ASIP yaitu dengan menggunakan sendok. Hal ini supaya bayi tidak bingung puting. Bingung puting terjadi jika ibu yang biasa memberi ASI langsung kemudian bayi disusui dengan botol, maka ketika akan disusui secara langsung kembali, bayi menolak karena dot botol lebih lancar mengeluarkan susu dibandingkan puting payudara.

Cara memberikan ASIP

Mulanya, pemberian susu perah dengan sendok tidak disukai bayi. Kemungkinan, bayi akan cemas, gelisah dan marah. Namun, tidak perlu khawatir, 3 atau 4 hari setelah dicoba, bayi akan terbiasa.

Cara memberikan susu dengan sendok:

  1. Bila Anda ibu bekerja, mulailah melatih bayi dua minggu sebelum cuti melahirkan habis. Jika Anda menggunakan jasa pengasuh bayi, ajarkan pula padanya bagaimana cara melakukan hal ini.
  2. Pastikan bayi dalam keadaan tidak sedang mengantuk.
  3. Gendong bayi dan dekap dalam posisi setengah penuh.
  4. Dekatkan sendok ke mulut bayi, tempelkan tepi sendok ke bibir atas.
  5. Perlahan-lahan ke mulut bayi, tempelkan tepi sendok ke bibir bawah.
  6. Dorong sendok sampai susu tepat menyentuh bibir bayi. Untuk permulaan, biarkan beberapa tetes susu masuk ke dalam mulut bayi.
  7. Bayi mungkin akan menjulurkan lidah dan menyesap atau menghirup susu dari sendok.
  8. Tunggu sampai bayi menelan, kemudian berikan lagi.
  9. Tidak dianjurkan bagi Anda untuk menuangkan susu ke dalam mulut bayi meskipun tinggal sedikit. Jika Anda melakukannya, bayi rawan tersedak. Isi lagi bila bayi masih butuh.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar