Membersihkan Botol Minum

Jika ingin berhemat, membawa air minum sendiri ke sekolah atau kantor adalah pilihan yang tepat. Namun, ketika botol minuman Anda selalu dalam keadaan basah, botol minuman Anda merupakan rumah yang nyaman bagi bakteri. Baiknya, cuci botol minuman Anda setiap hari. Bila botol minum Anda terbuat dari bahan plastik, begini cara membersihkannya yang benar.

Langkah-langkah membersihkan botol plastik

1. Belilah sikat botol yang bagus kualitasnya.

Anda dapat menggunakan sikat yang biasa digunakan untuk membersihkan botol susu bayi. Biasanya, sikat model tersebut memiliki bulu sikat yang besar pada salah satu ujung, dan bulu sikat yang kecil pada ujung lainnya.

2. Beri baking soda atau larutan pemutih ke dalam botol.

Tambahkan sedikit baking soda dan air panas ke dalam botol. Jika tidak ada baking soda, larutan pemutih dapat menggantikannya. Diamkan selama beberapa jam. Baking soda dan larutan pemutih berguna membersihkan cairan yang sudah membusuk di dalam botol.

3. Beri sabun cuci piring ke dalam botol.

Buang baking soda atau larutan pemutih yang sebelumnya Anda masukkan ke dalam botol. Tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam botol plastik dan tambahkan pula air panas.

4. Menyikat botol.

Sikat botol dengan bulu sikat yang besar. Gerakkan sikat dengan cara memutarnya di dalam botol. Jika bagian bulu sikat yang besar tidak muat, gunakan bulu sikat yang kecil.

5. Mengocok botol.

Setelah menyikat, kocok botol plastik Anda. Hal ini mendorong sabun untuk bekerja lebih efektif di bagian dalam botol.

6. Cuci dan bilas botol.

Usai mengocok, buang air sabun dan bilas botol beberapa kali sampai gelembung sabun hilang. Cuci dan bilas juga bagian luar botol plastik dengan spons dan sabun. Jangan lupa membersihkan tutup botol plastik, tentunya dengan hati-hati.

7. Keringkan botol yang sudah dicuci.

Setelah botol Anda bilas hingga bersih, biarkan botol kering sebelum memasang tutupnya. Saat kering, botol siap Anda gunakan kembali.

Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Membersihkan Botol Minum”

Tinggalkan komentar