Membersihkan Botol Susu Bayi

Bayi sangat rentan dengan penyakit. Peralatan bayi yang paling akrab dan bersentuhan langsung dengan mulut bayi adalah botol susu. Jika botol susu tidak dibersihkan dengan benar, beberapa mikroorganisme seperti virus, bakteri dan parasit akan berkumpul di sana dan menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi. Untuk itu, perhatikan cara-cara berikut ini untuk membersihkan botol susu bayi agar kembali sterilkan.

1. Teknik Perebusan

Cara ini populer di kalangan para ibu. Sebelum melakukan cara ini, perhatikan terlebih dahulu jenis plastik botol bayi. Jika jenisnya Polikarbonat (PC), bahan ini akan melepaskan residu senyawa kimia apabila direbus. Senyawa tersebut adalah bisfanol, yang membahayakan sistem hormon tubuh.
Jika botol susu bayi Anda bukan dari jenis PC, silakan lanjutkan niat perebusan botol susu bayi. Sediakan panci besar beserta penutupnya. Isi panci dengan air secukupnya yaitu ketika botol susu bayi sudah tenggelam sepenuhnya di dalam panci. Pastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalam botol dan dot. Tutup panci dan didihkan kurang lebih 10 menit.

2. Teknik Air Dingin

Alatan sterilisasi khusus dengan teknik air dingin dijual bebas di pasaran. Jika tidak ingin membelinya, Anda dapat menggunakan wadah plastik tertutup. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa peralatan yang Anda gunakan bersih. Perhatikan pula keberadaan gelembung udara. Pastikan tidak ada gelembung udara yang tersisa di botol. Selanjutnya, rendam botol susu minimal 30 menit. Ingat pula, Anda tidak boleh luput membersihkan tangan Anda dan alat alat yang akan digunakan seperti sikat botol. Saat melakukan pembilasan, pastikan deterjen yang Anda gunakan tidak membekas di botol susu.

3. Penggunaan Microwave

Hampir semua botol susu bayi dapat disterilisasi menggunakan microwave. Anda harus ingat untuk tidak menutup botol selama melakukan sterilisasi microwave karena tekanan dapat terjadi di dalamnya. Selain itu, perlu kehati-hatian dalam melepas tutup microwave pada saat sterilisasi uap karena masih menyimpan panas. Lakukan sterilisasi ini selama 90 detik saja. Manfaat sterilisasi botol susu dengan microwave adalah tidak ada bau atau rasa yang tersisa dalam botol.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar