Membersihkan Karang Gigi

Ensiklopedia bebas, wikipedia, menyebutkan bahwa karang gigi terbuat dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak yang bersifat lengket ini melekat di gigi dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri perusak gigi. Gosok gigi teratur minimal 2 kali sehari menghilangkan penumpukan plak yang menempel. Jika tidak dibersihkan, plak gigi akan merusak kesehatan gigi dan membuat gigi berlubang dan menjadi penyebab bau mulut.

Anda tentu terganggu dengan karang gigi yang terdapat pada gigi Anda. Beberapa cara alami berikut ini dapat Anda terapkan untuk menghilangkan karang gigi.

1. Menggosok gigi yang benar

Bisa jadi Anda belum menyikat gigi dengan benar, meskipun Anda melakukan sikat gigi setiap hari. Menyikat yang benar akan mampu mengurangi resiko tumbuhnya karang gigi yang dapat mengganggu kesehatan mulut. Cara yang benar menggosok gigi yaitu dengan cara melingkar, bukan hanya menyikat ke kanan dan ke kiri saja.

2. Flossing

Flossing adalah penggunaan benang gigi. Hal ini merupakan bagian penting dalam perawatan gigi sehari-hari yang bertujuan menghilangkan plak dan sisa makanan yang menempel di gigi. Flossing akan membuat gigi tetap bersih dan sehat sehingga bakteri penyebab karang gigi akan hilang.

3. Menggunakan pasta gigi khusus

Gunakan pasta gigi khusus yang diformulasikan untuk menghilangkan karang gigi. Pasta gigi yang mengandung flouride dan tartar control akan mampu membersihkan karang gigi yang menempel.

4. Menggunakan baking soda

Selain digunakan untuk membuat kue, ternyata baking soda juga ampuh untuk membersihkan karang gigi. Caranya, gunakan baking soda untuk menyikat gigi sebagai ganti pasta gigi.

5. Makan apel dan melon

Buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk membersihkan karang gigi. Buah apel dan melon bermanfaat untuk mengandung serat alami yang akan memicu produksi air liur dalam jumlah banyak sehingga membersihkan mulut dan mencegah tumbuhnya karang gigi.

Cara-cara yang telah diuraikan di atas hanya berlaku untuk karang gigi yang ringan. Apabila Anda memiliki karang gigi yang parah dan tidak bisa dihilangkan dengan cara tersebut, sebaiknya hubungi dokter gigi untuk mendapat perawatan seperti scalling. Semoga informasi ini bermanfaat

Tinggalkan komentar