Membersihkan Telinga Bayi yang Aman

Bagian sensitif pada bayi adalah telinga. Kotoran telinga merupakan produk alami telinga yang berfungsi sebagai antiseptik. Kotoran tersebut juga bertugas sebagai pelindung telinga yang bertugas menangkap benda-benda asing dari luar. Namun, jika kotoran menumpuk, pendengaran si kecil tidak bekerja dengan baik.

Anda harus berhati-hati saat membersihkannya. Untuk menghindari penumpukan kotoran telinga, bersihkan telinga bayi Anda secara rutin. Telinga yang kotor akan mengganggu hantaran bunyi dan dapat memengaruhi pendengaran si kecil. Kotoran yang terlalu lama menumpuk di dalam telinga dikhawatirkan akan mengeras dan sulit dikeluarkan. Ikuti beberapa cara berikut untuk membersihkan telinga bayi Anda.

1. Bersihkan pada saat memandikan bayi

Kotoran di dalam telinga akan cair dan gampang di bersihkan ketika terkena air. oleh karena itu, bersihkan telinga bayi Anda pada saat memandikannya. Caranya, ambil kain yang lembab untuk membersihkan bagian luar telinga bayi. Kemudian bersihkan juga bagian dalam lipatan telinga dan seka kotoran-kotoran yang telah kering.

2. Seka dengan kain hangat

Seka telinga mungil bayi Anda saat memandikannya dengan kain hangat. Bila Anda rutin melakukannya, maka telinga bayi akan terjaga kebersihannya. Cara ini juga dapat membersihkan telinga dari akumulasi sel kulit mati serta kotoran telinga.

3. Jangan masukkan cotton buds ke dalam telinga bayi

Membersihkan telinga bayi dengan cotton buds dan memasukkan ke dalam lubang telinga akan dapat merusak gendang telinga.

4. Tetes telinga

Apabila cara-cara sebelumnya tidak bekerja membersihkan kotoran telinga bayi Anda, cobalah cara alternatif lain yaitu dengan tetes telinga. Namun sebelum menggunakannya, pastikan telah mendapat saran yang tepat dari dokter ahli.

5. Jangan bersihkan saat telinga kering

Cara ini juga sangat dilarang oleh para dokter. Membersihkan telinga bayi pada saat masih kering dapat menyebabkan iritasi maupun luka. Sebaiknya gunakan kain basah untuk membersihkan telinga bayi.

6. Waspada dan berhati-hatilah

Bayi tidak selalu bisa bekerja sama ketika telinganya dibersihkan, bisa saja dia melawan. Ia mungkin jadi sering bergerak-gerak karena kegelian. Oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati. Dengan berhati-hati, kecelakaan saat membersihkan telinga buah hati bisa dihindari.

Itulah beberapa cara membersihkan telinga bayi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan komentar