Membersihkan Telinga yang Benar

Telinga yang bersih akan mempertajam kemampuan mendengar Anda. Sebagian orang sering membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Namun, alat ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga bagian dalam. Gunakan cotton bud hanya untuk membersihkan daun telinga dan lubang telinga bagian luar.

Untuk membersihkan telinga bagian dalam, ikuti cara-cara yang akan diuraikan di bawah ini.

Alat yang dibutuhkan:

Pipet
Baby oil
Kapas
Handuk kecil

Cara membersihkan:

1. Sebelum tidur, teteskan 3-4 kali baby oil dengan menggunakan pipet ke dalam telinga. Caranya, miringkan kepala dengan telinga menghadap ke atas.

2. Teteskan baby oil pada kapas bersih. Lalu tutup telinga yang telah ditetesi baby oil dengan menggunakan kapas tersebut. Hal ini untuk menghindari keluarnya baby oil dari dalam telinga dan mengotori bantal. Lakukan dalam posisi kepala masih miring.

3. Diamkan baby oil selama 15 menit di dalam telinga, untuk melunakkan kotoran yang ada di dalam. Kemudian lepas kapas dan buang.

4. Isi pipet dengan air hangat, lalu teteskan ke dalam telinga dan langsung miringkan kepala dengan telinga ke arah bawah untuk mengeluarkan air. Letakkan handuk pada telinga untuk menampung air yang keluar.

5. Untuk telinga bagian luar, Anda cukup membersihkannya menggunakan handuk lembap. Bersihkan dengan gerakan ke arah luar, bukan ke dalam. Lakukan pada telinga yang satulagi.

Lakukan lima cara di atas sekali seminggu untuk mendapatkan telinga yang bersih dan indah. Terlalu sering membersihkan telinga juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

Jika diketahui terdapat kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, segera periksakan diri Anda ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar.

Semoga informasi ini bermanfaat

Tinggalkan komentar