Jangan Sembarangan! Yuk Baca Lagi cara membersihkan Telinga dengan Benar

Telinga yang sehat dan dapat bekerja optimal adalah impian setiap pemiliknya, namun terkadang kita yang kurang memperdulikan kebersihan telinga justru menyebabkan banyak masalah yang dapat timbul di dalam telinga.

Memang secara alami telinga manusia telah memiliki cairan yang dapat menangkal berbagai macam bakteri dan secara otomatis akan membersihkan telinga kita dari berbagai macam bakteri.

Namun jika produksi cairan telinga telah melebihi batas normal, atau terlalu banyak tentu akan menyebabkan masalah baru, apalagi jika cairan ini telah mengeras maka akan menjadi sarang bagi bakteri.

Maka diperlukan beberapa perawatan dengan beberapa bahan yang dapat kita dapatkan dengan mudah disekitar kita agar telinga tetap bersih terawat, diantaranya sebagai berikut:

Minyak Zaitun

membersihkan telinga
www.hanannaqq.com

Cara yang paling aman adalah menggunakan minyak zaitun, karena tidak memiliki efek samping. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas kedalam minyak zaitun hangat, peras hingga minyaknya tidak terlalu banyak. Masukkan kedalam telinga selama 10 menit dan angkat, ulangi hingga kotoran berkurang.

Baby Oil

membersihkan telinga
www.kindercart.com

Selain minyak zaitun, baby oil juga tidak memiliki efek samping apapun dan juga cocok untuk segala macam jenis kulit. Untuk penggunaanya sama dengan cara menggunakan minyak zaitun

Air Garam

membersihkan telinga
likesuccess.com

Larutan garam hangat sangatlah baik sebagai penghilang kotoran telinga, dengan meneteskan larutan garam secara pelan – pelan dalam telinga dan miringkan kemudian kembalikan dalam posisi normal serta gunakan bola kapas. Ulangi pada sisi telinga yang lain.

Minyak Kelapa

membersihkan telinga
sheabutter.com

Celupkan kapas dalam minyak kelapa hangat, masukkan dalam telinga dan diamkan 10 menit, cara ini akan merontokan segala kotoran dalam telinga kamu. Ulangi jika diperlukan.

Bawang Putih

membersihkan telinga
www.vigon.com

Haluskan bawang putih (digeprek) masukkan dalam sendok dan panaskan dengan lilin, biarkan hingga mengeluarkan minyak. Masukkan minyak bawang hangat dalam telinga dan tutup dengan kapas, tunggu beberapa saat dan bersihkan dengan kapas.

Selain menggunakan berbagai macam bahan diatas, kamu juga dapat menggunakan cuka apel dengan cara penggunaan yang sama seperti minyak zaitun dalam membersihkan telinga. Namun ingatlah jangan asal membersihkan kotoran kering dalam telinga dengan benda runcing karena dapat menimbulkan luka.

Tinggalkan komentar