Membiasakan Anak Hidup Sehat

Kita sering mendengar orang berkata bahwa anak kecil seperti kertas putih yang masih bersih dari tinta. Oleh karenanya, kebiasaan yang dimulai sejak kecil tentu akan terbawa hingga dewasa. Sejak dini, ajarkan kebiasaan-kebiasaan baik pada anak. Termasuk pola hidup sehat juga butuh dibiasakan. Agar kelak si kecil tumbuh sehat dan kuat. Untuk membantu anak menjalani pola hidup sehat, Anda dapat menerapkan pola hidup berikut.

1. Sarapan Setiap Hari

Sebelum si kecil beraktivitas, buatkan sarapan untuknya. Jangan biarkan ia pergi dalam keadaan perut kosong. Tetapi, Anda juga tidak boleh asal memberinya sarapan. Tetap perhatikan asupan gizinya agar pertumbuhannya berjalan maksimal.

2. Batasi fast food dan makan di restoran

Upayakan Anda memasak sendiri makanan untuk anak Anda. Sesekali, ajak anak Anda memasak makanan sehat bersama-sama. Berikan makanan tinggi serat untuk si kecil. Demi kesehatan si kecil, tidak ada salahnya Anda pelit membelikan jajanan fast food atau minuman yang mengandung gula.

3. Terapkan pola hidup bersih

Biasakan anak untuk mencuci tangan mereka sebelum makan. Biasakan pula si kecil untuk mandi setiap hari pagi dan sore. Cara ini dapat mencegah kuman masuk ke tubuh si kecil.

4. Ajak Si Kecil Olahraga

Olahraga rutin akan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Juga menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari kelebihan berat badan. Olahraga berenang dan bersepada dapat menjadi pilihan Anda untuk diterapkan pada si kecil. Sekurangnya lakuakn olahraga selaa 30 menit hingga 60 menit, minimal 3 kali seminggu.

5. Istirahat cukup

Anak-anak harus cukup tidur minimal 8 jam per hari. Sebaiknya buatlah jadwal tidur bagi si kecil. Misalnya, istirahat selama 1-2 jam pada siang hari dan jam 9 malam ia harus sudah bersiap ke kamar tidur. Istirahat sangat penting untuk mengembalikan fungsi sel-sel tubuh setelah anak anda melakukan akivitas.

6. Menciptakan lingkungan yang sehat

Rumah yang sehat adalah rumah yang jauh dari sumber pencemaran limbah, air limbah, pabrik asap, dan sebagainya. Lingkungan yang bersih dan sehat akan meminimalkan keberadaan bakteri dan kuman yang dapat menyerang anak. Perhatikan juga kebersihan kamar anak karena biasanya banyak anak sering dalam bermain dan belajar di dalam kamar.

7. Batasi Kegiatan Anak Menonton Televisi

Meskipun pada awalnya anak akan kesal, lama-lama ia akan terbiasa. Selain tontonan yang kini tidak berpihak pada anak-anak, memandangi layar televisi terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan mata si kecil. Sebaiknya batasi jam nonton tivi si kecil hanya 2 jam atau kurang dari 2 jam menatap TV. Demikian pula dengan penggunaan komputer atau video game.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar