Membuat Coklat

Coklat adalah salah satu makanan yang kaya manfaat dan baik bagi tubuh. Rasanya pun nikmat. Hampir setiap orang menyukainya. Bila Anda penasaran bagaimana coklat dibuat. Berikut Ulasannya.

Cara Membuat Coklat

  1. Setelah buah cokelat matang, dipilih yang terbaik, kemudian diambil bijinya.
  2. Setelah itu, biji cokelat pilihan difermentasikan. Proses fermentasi berfungsi untuk mengurangi rasa pahit pada coklat, memberi warna yang bagus, dan menghilangkan getah yang menempel. Buah putih yang mengelilingi biji coklat dibuang, dalam satu buah coklat, biasanya ada 30 – 40 biji cokelat yang baik. Fermentasi juga berfungsi untuk mempertajam rasa serta wangi khas coklat.
  3. Setelah fermentasi, ialah tahap pengeringan, pengeringan biji cokelat banyak macanya, tapi diyakini pengeringan yang terbaik ialah dengan menggunakan sinar matrahari, karena tidak mempengaruhi rasa asli coklat.
  4. Selanjutnya biji coklat dibersihkan, dibuang bagian-bagian yang kurang baik, untuk selanjutnya memasuki proses roast. Di sini, biji kakao dipanggang, untuk mendapatkan rasa cokelat yang maksimal, setelah itu didinginkan untuk kembali menetralkan suhu biji cokelat.
  5. Setelah itu, kulit biji  cokelat dikelupas, untuk kemudian digiling menjadi serbuk atau pasta.
  6. Selanjutnya, dilakukan penambahan rasa. Serbuk atau pasta coklat tadi dicampur dengan bahan seperti gula, susu full cream atau cocoa butter sesuai dengan jenis cokelat yang akan diproduksi. Kemudian, akan melalui proses conching, yaitu menghilangkan keasaman pada coklat.
  7. Tahap terakhir yaitu tempering. Tempering merupakan proses pengaturan suhu. Tujuannya supaya kualitas cokelat semakin baik serta mendapatkan coklat yang lebih tahan lama.

Pada dasarnya, 7 poin di atas merupakan proses dasar pembuatan coklat. Setelah melalui proses-proses tersebut, cokelat diolah sesuai produksi yang diinginkan. Selanjutnya, coklat dapat dicetak untuk mendapat hasil berupa cokelat batang, atau olahan cokelat lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar