Membuat Finger Food Untuk Balita

Finger food merupakan makanan seukuran jari yang bisa dipegang anak. Seringnya, balita menyukai finger food sebagai camilan mereka. Makanan finger food sekaligus menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan makanan sehat pada anak. Tetaplah berhati-hati karena tetap ada kemungkinan anak Anda tersedak ketika mengonsumsi finger food. Selalu awasi dan dampingi anak Anda ketika mengonsumsi makanan ini. Agar keinginan anak ngemil terpenuhi sekaligus asupan gizi dan vitaminnya juga mereka dapatkan sebaiknya siapkan finger food seperti di bawah ini.

1. Ubi Manis Rebus

Ubi manis mengandung vitamin A dan C. Selain itu rasanya juga lezat. Anda dapat merebus atau mengukus ubi manis ini untuk camilan si kecli. Selanjutnya potong-potong ubi manis rebus seukuran jari. Berikan potongan itu ke balita Anda.

2. Telur Rebus

Telur mengandung protein, zat besi, kolin, B12, dan riboflavin. Semuanya nutrisi dalam telur baik untuk balita. Anda dapat merebus telur dan langsung memberikannya kepada balita Anda agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.

3. Buah dan Sayuran Lunak

Blewah, pepaya, mangga, kiwi, brokoli, kembang kol, wortel, bayam, dan stroberi merupakan jenis-jenis buah dan sayuran lunak. Buah dan sayuran tersebut mengandung vitamin A dan C yang baik untuk balita. Anda dapat mengukus sayuran hijau terlebih dahulu sebelum diberikan kepada si kecil.

4. Buah Apel Parut

Buah apel mengandung serat yang tinggi dan mampu menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Namun, buah apel yang memiliki banyak serat akan susah untuk dikunyah balita. Siasati hal tersebut dengan memarut apel. Jangan lupa, kupas buah apel dahulu sebelum memarutnya agar anak lebih mudah mencernanya.

Daging Lembut

Kandungan dalam daging dapat mencukupi kebutuhan zat besi balita. Berikan daging hanya yang lembut untuk balita Anda. Daging yang keras berbahaya untuk balita karena bisa membuat mereka tersedak. Tentu saja, masak daging terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan slow cooker.

Buncis

Buncis mengandung protein, vitamin B, zat besi, dan serat yang baik untuk balita. Pastikan buncis sudah dimasak terlebih dahulu hingga benar-benar empuk sebelun Anda berikan kepada balita Anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar