Membuat Lontong

Lontong yang terbuat dari beras ini merupakan makanan khas Indonesia. Makanan ini dibungkus dalam daun pisang dan direbus dalam air. Oleh sebab itu lontong dapat berwarna hijau di luarnya, dan berwarna putih di dalamnya. Pada umumnya, lontong dihidangkan bersama sate atau gulai kambing. Cara pembuatan lontong lebih mudah dari ketupat. Di berbagai daerah Indonesia, lontong mudah ditemui sebagai makanan alternatif pengganti nasi putih. Berikut adalah cara membuat lontong.

Bahan

  • Daun pisang yang sudah dijemur, lap bersih, potong-potong 30×20 cm
  • Beras secukupnya, rendam dalam air dingin selama 1 jam.
  • Lidi, untuk menyemat
  • 1 lbr daun pandan, atau sesuaikan jumlah lontong
  • Air ┬ápanas dan air dingin secukupnya

Cara Pembuatan

  1. Ambil dua lembar daun pisang, gulung menyerupai silinder dengan bagian bawah daun pisang berada di dalam. Semat salah satu ujungnya dengan lidi.
  2. Isi silinder/gulungan daun pisang dengan beras yang sudah direndam dan tiris, dengan jumlah takaran setengah(1/2) gulungan. Semat ujung gulungan dengan lidi untuk menutupnya.
  3. Masukkan bakal lontong ke dalam panci yang tinggi. Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri. Tambahkan air hingga bakal lontong terendam dengan air seluruhnya. Masukkan selembar daun pandan.
  4. Rebus dengan api sedang. Setelah 2 jam direbus, tambahkan air panas hingga lontong terendam kembali seluruhnya.
  5. Rebus lontong hingga memadat dan kenyal. Angkat lontong dan tiriskan dengan posisi berdiri. Dinginkan.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.