Membuat Masker Alami

Penggunaan masker pada wajah terbukti dapat mengangkat sel-sel kulit mati, melembabkan kulit, bahkan menghilangkan jerawat. Tak heran, kaum hawa sering merawat wajahnya dengan cara ini. Selain prouk-produk masker yang kini mudah ditemukan di pasaran, Anda juga dapat membuat masker sendiri. Bahan-bahan dasarnya berasal dari alam yaitu buah-buahan. Biayanya tentu lebih murah dan lebih aman bagi kulit wajah. Sebaiknya buang keraguan Anda, dan mulailah membuat masker sendiri. Caranya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Cobalah ikut cara-cara di bawah ini.

Cara Membuat Masker Alami

Jika Anda selalu punya persediaan buah di rumah, sebaiknya sisihkan sedikit untuk dibuat masker alami. Buah-buahan yang sering dijadikan sebagai bahan pembuatan masker adalah pisang, melon, anggur, apel, tomat, jeruk nipis, lemon, pepaya, stroberi, mentimun dan alpukat. Namun, tidak semua jenis buah akan dibahas di sini.

1. Masker Buah Anggur

Untuk membuat masker dari buah anggur, cukup blender buah tersebut lalu saring. Cara mengaplikasikannya pada wajah yaitu dengan menggunakan kapas. Celupkan kapas pada jus anggur lalu ratakan pada wajah. Biarkan masker menempel di wajah selama 20 menit baru kemudian dibilas. Masker ini bisa digunakan setiap hari untuk semua jenis kulit. Buah anggur berkhasiat untuk menyegarkan dan mengencangkan kulit wajah serta melawan keriput.

2. Masker Stroberi

Sama seperti masker buah anggur, masker dari stroberi juga dibuat dengan cara diblender, namun upayakan hasil blenderan stroberi terlalu halus. Selanjutnya, campurkan dengan satu sdm madu. Aplikasikan masker stroberi ke wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Saat masker hampir kering, pijatlah wajah secara melingkar agar sel-sel kulit matinya lepas. Terakhir, bilas wajah dengan air dingin.

3. Masker Buah Apel

Masker dari buah apel juga didapatkan dengan cara menghaluskannya menggunakan blender. Tidak perlu banya, satu buah apel saja sudah cukup. Saat buah apel sudah, aplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan sampai masker mengering dengan sendirinya. Jika sudah kering basuh wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan mengeluarkan minyak. Terakhir, bilas dengan air dingin agar pori-pori menutup. Masker buah apel ini sebaiknya digunakan bagi pemilik kulit berminyak.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar