Membuat Menu Makan Sehat dan Praktis

Makanan sehat tidak perlu mahal. Anda dapat mengolah bahan-bahan yang mudah dan murah didapat di pasar terdekat. Makanan sehat juga tidak perlu pengolahan yang rumit. Anda pun dapat mengolahnya dengan cara yang praktis. Berikut adalah cara-cara membuat makanan yang sehat dan praktis.

1. Sup

Selain menghangatkan, sup juga menyehatkan. Sup berisi sayur-sayuran beraneka warna dan kandungan nutrisinya. Untuk membuatnya Anda cukup menumis bawang putih yang telah dihaluskan. Kemudian memasukkan air atau kaldu ayam dan sayur-sayuran seperti wortel, kubis, kentang, buncis, jamur kuping, jagung atau sayur lainnya.

2. Perkedel Kentang

Makanan ini hadir sebagai teman setia sup. Perkedel baik untuk menyuplai kebutuhan energi karena terbuat dari kentang yang kaya karbohidrat. Cara pembuatan perkedel kentang sama mudahnya dengan membuat sup. Pertama, kupas dan potong kecil-kecil kentang, goreng dan haluskan. Haluskan juga bawang putih, bawang merah, sedikit merica yang sudah ditumis. Lalu goreng hingga kecoklatan.

3. Capcay

Capcay kaya nutrisi karena bahan-bahan pembuatnya banyak mengandung gizi. Bahan dasar capcay yaitu sayur-sayuran seperti sawi putih, sawi hijau, dan bunga kol. Untuk adonan tepungnya, gorenglah tepung yang dibumbui. Tumis bawang putih dan kemiri yang telah dihaluskan, lalu masukkan semua sayur, tambahkan saos sambal dan sedikit saos kecap jika Anda suka.

4. Tempe Penyet

Mudah, sehat, enak, dan murah. Apalagi kalau bukan tempe. Kandungan protein dalam tempe mencapai 20% dari beratnya. JIka bosan dengan olahan tempe yang digoreng, Anda dapat mencoba membuat tempe penyet. Caranya goreng tempe terlebih dahulu, lalu sisihkan. Setelah itu buatlah sambal bawang. Oleskan sambal bawang pada tempe dengan cara mengulegnya.

5. Teri sambal

Cobalah sesekali membuat menu dari ikan teri. Ikan teri yang digoreng kering dapat dipadu dengan berbagai jenis sambal, mulai dari sambal bawang, tomat, kecap, hingga terasi dapat dicampur dengan ikan teri. Makanan sederhana ini memiliki kandungan protein dan kalsium dan vitamin C yang tinggi. Protein terdapat pada ikan teri dan vitamin C terdapat dalam cabai yang digunakan untuk sambal.

6. Sayur Asam

Kandungan gizi yang beragam terdapat pada sayur asam karena bahan pembuatnya yang bermacam-macam. Bahannya juga mudah Anda dapatkan di sekitar Anda yaitu jagung, kacang tanah, kacang panjang, labu dan terong. Anda cukup merebus air dalam panci, memasukkan asam, garam, gula, dan irisan bawang secukupnya lalu masukkan sayur-sayuran. Agar lebih nikmat, temani sayur asam dengan sambal teri.

7. Gado gado

Sangat mudah dan sehat bagi Anda. Gado-gado berbahan dasar sayur-sayuran sehingga mengandung banyak nutrisi. Siapkan sayuran seperti selada, kentang, tauge, kubis atau sayuran lain yang harganya miring. siapkan juga bumbu kacang kemasan ekonomis yang memang sudah tersedia untuk membuat gado-gado. Rebus kentang lalu potong-potong. Potong juga semua bahan sayuran. Satukan dalam bumbu kacang.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar