Membuat Pakan Burung Puyuh Alternatif

Burung puyuh belakangan ini sedang giat-giatnya dijadikan hewan ternak yang berpeluang besar menuai untung yang besar. Ya, hewan golongan unggas kecil itu bila dipelihara dan setiap hari diberikan pakan yang cukup dan bergizi maka akan menghasilkan telur yang dapat dijual bahkan sangat laku keras di pasaran.

Apalagi bila Anda bisa membuat pakan sendiri, tentu keuntungan yang akan Anda dapatkan sangat besar pula. Seperti contoh pakan yang dapat kita buat dengan mudah dibawah ini. Bahannya mudah didapat, murah, dan sangat bergizi untuk pakan burung puyuh. Adapun prosesnya adalah sebagi berikut:

Bahan-bahan

  1. Jagung : 30-50%
  2. Dedak/polar : 10-15 %
  3. Bungkil kedelai : 15-25 %
  4. Tepung ikan/MBM : 7-10 %
  5. Bungkil kelapa/Bungkil inti sawit : 5-7%
  6. CGM/CGF/DDGS/Rapeseed meal : 5%
  7. CPO/minyak sawit : 3-5%
  8. Kapur : 2-4%
  9. DCP : 0,5-1%
  10. Premix : 0,5 %
  11. L-Lysine & DL-Methionine : 0,5 %

Komposisi dibuat dalam perbandingan sehingga dapat Anda sesuaikan dengan ketersediaan bahan-bahan yang ada.

Cara Pembuatan

Cukup campurkan semua bahan sesuai perbandingan komposisi tersebut. Campur hingga merata dan simpan kedalam wadah karung atau ember agar mudah disimpan.

Pemberian

Berikan pakan rutin sebanya 2-3 kali sehari. Jika Anda menginginkan kuning telur yang bagus (orange), tambahkan tepung daun singkong sebanyak 3-5% pada pakan racikan tadi. Sedangkan penambahan 1-3% ragi tape dalam pakan racikan dapat membuat saluran cerna puyuh lancar dan terhindar dari bakteri jahat.

Tinggalkan komentar