Membuat Pestisida Organik EM-4

Anda merasa resah dengan hama yang betebaran di antara tanaman-tanaman produktif Anda? Pestisida kimia terlalu mahal dan membebani biaya operasional tanam Anda? Ada baiknya mulai sekarang membiasakan diri Anda untuk membuat pestisida sendiri utamanya pestisida organik. Selain bahan yang digunakan adalah bahan yang mudah dan murah, pestisida organik juga ramah lingkungan. Pestisida kimia yang digunakan secara berlebihan dapat mencemari lingkungan, merusak tanah, bahkan mengganggu kesehatan karena hasil panen mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu Anda dapat mencoba cara pembuatan pestisida organik berikut ini:

Bahan

1. Molase/tetes/ gula 100 ml (0.5 ons)
2. EM-4 100 ml
3. Cuka makan/cuka aren 100 ml
4. alkohol (40%) 100 ml
5. Air cucian beras (yang pertama) 1000 ml.

Cara Membuat

Caranya sangat mudah, cukup campurkan kelima bahan ke dalam jirigen wadah yang ada tutupnya. Cek rutin setiap pagi dan sore hari dengan membuka tutup jirigen untuk mengeluarkan gas hasil dari proses fermentasi kemudian tutup dan kocok agar larutan tercampur rata dan terfermentasi sempurna. Setetelah tidak ada gas yang terbentuk, kurang lebih 15 hari hentikan pengocokan. Diamkan lagi selama 7 hari.

Dosis

Larutkan pestisida organik EM-4 sebanyak 5-10 ml untuk setiap 1 liter air. Semprotkan pestisida pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Tinggalkan komentar