in

Membuat Sandwich

Sandwich adalah roti lapis. Makanan ini berupa dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju, dan biasanya diberi bumbu atau saus. Pada negara yang makanan pokok penduduknya bukan nasi, sandwich biasanya dibawa ke sekolah atau ke kantor. Sandwich tersebut dimasukkan dalam kotak lunchbox atau dalam kantong kertas berwarna coklat yang disebut brown bag (sandwich bag) untuk dinikmati sebagai makan siang.

Sandwich juga nikmat sebagai makanan praktis sewaktu piknik, mendaki gunung atau sekadar jalan-jalan. Di rumah, sandwich dinikmati sebagai cemilan atau pelengkap makanan utama. Jika dijadikan sebagai makanan utama, sandwich biasanya ditemani makanan pendamping seperti sup (soup-and-sandwich), selada (salad-and-sandwich), keripik kentang, kentang goreng, asinan ketimun), atau selada kol. Berikut adalah cara membuat sandwich telur keju, untuk 4 porsi.

Bahan dan Bumbu

  1. Bahan

    8 lbr roti gandum, dibuang kulitnya
    50 ml susu cair
    5 lbr keju lembaran
    1 sdt minyak wijen

  2. Bahan Orak-arik Telur

    2 btr telur ayam
    1/4 buah bawang bombay, cincang halus
    1/4 sdt garam
    1/4 sdt merica bubuk
    50 ml susu cair
    1 sdt minyak, untuk menumis

  3. Pelengkap

    2 buah tomat, iris
    4 lbr daun selada

Cara Pembuatan

  1. Perciki roti dengan susu cair. Panggang diatas pan yang bergelombang yang dioles dengan sedikit minyak zaitun.
  2. Orak-arik telur: kocok lepas telur, bawang bombay, garam, dan merica bubuk. Tuang susu cair. Aduk rata.
  3. Tuang ke dalam wajan datar. Aduk-aduk hingga berbutir kasar.
  4. Ambil selembar roti tawar.
  5. Beri daun selada, tomat iris, orak-arik telur, dan keju lembaran.
  6. Tutup dengan roti tawar.

Gambar-gambar Sandwich

membuat makanan bernama sandwich
jializo.com
membuat sandwich yuk
diorama.net
toping sandwich yang nikmat
kuorazu.com
sandwich segitiga
humaniora.com
sandwich yang ada wijen
farozuk.com

* * *

Manfaat dan Kandungan Nutrisi di Sandwich

Karena bahan-bahannya yang banyak berisi sayuran dan daging, membuat sandwich jadi memiliki manfaat yang baik jika diracik dengan komposisi yang pas. Tidak berlebihan dan tidak mencampur dengan bahan yang kurang baik untuk dikonsumsi.

Berikut ini beberapa manfaat dari sandwich.

2 Potong Roti Gandum

Kurang lebih potongan roti ini mengandung 80 kalori, yang bisa dikonversi tubuh jadi energi untuk produktif. Juga mengandung vitamin B kompleks, jadi bisa konversi ke metabolisme energi.

Serat-serat roti bisa stabilkan kadar gula dalam tubuh, jadi bisa membuat energi bertahan lebih lama. Tidak ketinggalan zat besi yang cukup kaya di roti gandum, zat besi ini membantu menyebarkan oksigen ke dalam tubuh sehingga membuat tubuh selalu segar.

Pilih roti gandum berlabel whole wheat atau whole grain untuk memastikan roti mengandung gandum, bukan diberi warna menyerupai gandum.

2 Potong Tomat Segar

Kandungan likopen yang tinggi dalam buah tomat bisa membentengi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Likopen bermanfaat sebagai anti-oksidan dan menangkal radikal bebas. Buah tomat juga punya kelebihan yang mampu melindungi tubuh dari ancaman infeksi. Juga mengandung sumber betakaroten, vitamin C dan kalium.

Tapi perlu dicatat, bahwa tomat yang likopennya bisa digunakan (dimanfaatkan) dalam tubuh adalah tomat yang sudah diolah dengan pemanasan menggunakan minyak, cukup dipanaskan sesaat.

Yang perlu diperhatikan, jangan pakai alat masak berbahan aluminium untuk mengolah tomat. Kandungan asam yang tinggi di dalam tomat bisa meluruhkan partikel aluminium sehingga bercampur dengan makanan, kurang baik bagi kesehatan.

Keju Cheddar

Mengandung 60 kalori, kalsium, fosfor dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Protein dalam keju juga menguatkan otot. Sementara riboflavin dan folat membantu proses metabolisme zat gizi.

Bergizi karena mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, seng, riboflavin, folat dan vitamin B12.

Jangan langsung membuang sisa keju karena masih bisa digunakan lagi, oles ujung-ujungnya dengan mentega sebelum disimpan dalam kulkas.

Tutir Telur Rebus

Mengandung 40-80 kalori, sumber protein dan lemak yang memberi energi tahan lama. Selain itu, protein di dalam telur berguna membangun, memperbaiki sel dan jaringan tubuh serta meningkatkan imunitas. Kandungan seng adalah salah satu antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan penyembuhan luka.

Bergizi karena mengandung protein, sembilan asam amino esensial, vitamin A, vitamin B dan D, zat besi serta seng. Untuk isian roti, telur mudah diolah: digoreng mata sapi, diacak (scrumble), didadar atau direbus.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sushi Makanan Jepang

Membuat Sushi

Membuat Paspor