Membuat Website

Hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat website yaitu Hosting + Domain. Hosting ibarat Rumah untuk menyimpan barang-barang (file). Adapun Domain ibarat Nama Jalannya, agar pengunjung bisa berkunjung.

Kini hampir semua penyedia layanan website telah menyediakan paket lengkap. Mereka sudah menyiapkan Hosting dan Domain menjadi satu, sehingga ketika Anda memesan Hosting maka Anda mendapat Domain gratis. Bila Anda mencari yang gratis maka Anda tidak akan mendapat Domain, melainkan hanya akan mendapat SubDomain (ada embel-embel seperti blogspot.com atau wordpress.com).

Langkah-Langkah Membuat Website

  1. Kunjungi situs penyedia Layanan pembuatan Website, berikut adalah contoh situs penyedia layanan yang cukup populer di Indonesia, yaitu IDHostinger. Langsung saja kunjungi http://www.idhostinger.com/
  2. Setelah terbuka, selanjutnya klik Buat Akun. Letaknya ada di pojok kanan atas, dekat form login.
  3. Pada halaman ini Anda diwajibkan mengisi Nama, E-mail dan Password Anda. Isikan sesuai tempatnya. Jangan lupa centang, Saya setuju dengan Ketentuan Penggunaan Layanan.
  4. Selanjutnya, buka Tab Baru dan masuk ke Email kita, untuk mengaktivasi Akun kita. Nanti ada dua Email dari yang dikirim oleh IDHostinger, Anda lihat saja yang pertama atau yang paling bawah. Tinggal Anda klik atau salin link tersebut ke Address Bar dan klik Enter.
  5. Selanjutnya Anda akan diminta memilih Paket Hosting yang akan dipakai untuk Membuat Website nantinya.
  6. Apabila Anda sudah memesan Hosting maka Anda akan diberi hadiah SubDomain. Untuk SubDomainnya ada banyak pilihan, silahkan Anda pilih yang paling cocok atau sesuai dengan selera Anda. Lalu klik Buat.
  7. SubDomain + Hosting Anda akan dibuat, tunggu hingga muncul pemeberitahuan ‘Akun telah dibuat 100%’ di pojok kanan bawah. Selanjutnya, silahkan Anda klik Lihat Hasil.
  8. Anda sudah berhasil Mendaftar/Membuat Website. Akan tetapi, ANda harus melanjutkan untuk mengisi website yang telah Anda buat dengan Artikel atau File. Caranya dengan mengklik tombol Kelola.
  9. Anda akan dibawa ke Cpanel (Control Panel). Tujuan kita masuk Cpanel adalah untuk mengambil Data mengenai : ‘Nama pengguna’. Disinilah tempat Anda mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan website Anda, mulai dari:
  • Menambah Subdomain
  • Parkir Domain
  • Impor Website
  • Impor Database
  • Mengatur Halaman Error
  • Dan masih banyak lagi.

Selamat berjuang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar