Memilih Baju Hamil yang Benar

Ibu hamil perlu mempersiapkan baju hamil bahkan sejak masa awal kehamilan. Hal ini penting karena seiring dengan pertumbuhan janin, tubuh juga menyesuaikan diri. Ukuran tubuh akan semakin besar terutama bentuk tubuh di bagian perut. Untuk beradaptasi terhadap perubahan bentuk tubuh selama masa kehamilan, sebaiknya persiapkan baju hamil agar rasa nyaman tercipta.

Pada awal masa kehamilan, ibu hamil dapat memanfaatkan baju-baju lama karena perubahan bentuk tubuh yang terjadi belum signifikan. Ketika masa kehamilan sudah memasuki trimester kedua, sebaiknya ibu hamil mulai memilih dan membeli baju hamil yang nyaman dan aman dipakai beraktivitas maupun saat santai dirumah karena perubahan bentuk tubuh terutama pada bagian perut sudah mulai terlihat dan dapat dirasakan. Anda adalah ibu hamil? Berikut adalah cara memilih baju hamil yang dapat Anda ikuti.

1. Sesuaikan baju dengan ukuran tubuh

Sebaiknya, Anda memilih baju hamil secara bertahap. Sesuaikan ukuran baju dengan usia kandungan Anda. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengenali pertambahan ukuran tubuh setiap bulan.

2. Cari bahan baju yang dingin di kulit

Kain yang berbahan dingin akan nyaman digunakan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Salah satu pilihan yang mungkin dapat Anda ambil adalah kain bahan katun.

3. Pikirkan pula keberlangsungan baju hamil

Hendaknya, Anda juga berpikir jangka panjang. Cobalah mencari baju hamil yang dapat digunakan sampai masa menyusui. Hal ini akan menghemat pengeluaran Anda. Anda dapat memilih baju hamil yang dilengkapi dengan kancing pada bagian depan.

4. Suka memakai celana? Gunakan celana yang elastis

Sebaiknya, ibu hamil mengenakan blues karena tidak menimbulkan perut tertekan. Namun, jika Anda ingin sesekali memakai celana, pilihlah celana hamil yang menggunakan karet pengatur. Celana dengan karet pengatur akan elastis mengikuti bentuk panggul sehingga bisa sesua dengan ukuran perut yang setiap bulan akan bertambah besar. Demikian halnya dengan memilih celana dalam, pilihlah celana dalam yang menggunakan karet pengatur.

5. Anda juga perlu rajin membeli bra

Selama masa kehamilan hingga menyusui, ukuran payudara akan terus mengalami perubahan. Sebaiknya Anda membeli bra secara bertahap. Itulah mengapa Anda harus rajin mengganti bra yang lama dengan yang baru.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar