4 Tips Memilih Buku Cerita Untuk Anak

Kita semua pasti sepakat bahwa buku adalah jendela ilmu dan jendela dunia. Dengan membaca buku, maka kita bisa merasakan bagaimana kehidupan di negara lain dan kehidupan orang-orang di dunia lain. Dengan buku juga, kita bisa berkenalan dengan pemikiran-pemikiran para ilmuwan yang hidup di zaman dahulu, yang sekarang telah tiada.

Dengan pentingnya peran buku tersebut, maka jika kita menginginkan anak kita menjadi anak yang cerdas dan kaya akan ilmu, tidak ada salahnya jika kita membuatnya cinta dengan buku, cinta dengan kegiatan membaca dan mendalami isi buku.

Tapi, kita pun perlu tahu bahwa membuat anak cinta dengan kegiatan membaca buku itu tidaklah mudah, apalagi sekarang, di mana dunia digital dengan aneka game-nya lebih menggoda dbandingkan tumpukan buku-buku yang hanya berisi kata-kata.

Lalu, bagaimana caranya agar anak bisa suka dengan kegiatan membaca buku? Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengenalkan buku dari kecil kepada anak. Selain itu, buatlah kegiatan membaca buku dalam suasana yang menyenangkan. Dan kita pun harus memilih buku yang pas untuk anak. Bagaimana cara memilihnya ya?

Sesuaikan dengan Usia Anak

geraikaca.com

Saat kita memilihkan buku cerita untuk anak, maka hal pertama yang perlu kita pertimbangkan adalah menyesuaikannya dengan usia anak. Misalnya saja kalau anak kita masih balita dan belum bisa membaca, tentunya kita perlu mencarikan buku yang sedikit jumlah kata-katanya.

Jangan sampai kita salah pilih buku ya? Kalau kita salah, bukannya anak akan suka dengan buku, namun ia akan menganggap bahwa buku itu merupakan benda yang mengerikan bagi mereka. Kalau saat kecil otak mereka sudah berpikir demikan, maka itu akan tertanam hingga mereka dewasa.

Kenali Minat Anak Ketika Akan Memilih Buku

bundakonicare.com

Kita sebagai orang tua perlu melihat minat anak saat memilihkannya buku cerita. Jika anak kita penyayang binatang, maka kita bisa membelikan buku cerita yang tokoh-tokohnya binatang. Begitu pula kalau anak kita menyukai alat transportasi, maka buku cerita dengan tokoh alat transportasi bisa kita belikan untuk mereka.
Bagaimana cara mengenai minat anak?
Tentunya bisa kita lihat lewat keseharian anak. Jika anak sangat antusias dengan sesuatu, maka itulah minatnya. Atau kita bisa tanya ke mereka mau beli buku cerita yang seperti apa. Apalagi jika anak kita sudah bisa diajak berkomunikasi, tentunya kita perlu tanya ke mereka dulu sebelum membelikannya sesuatu.

Cari Buku yang Kaya Akan Ilustrasi

bundakiranareza.wordpress.com

Untuk melatih daya imajinasi anak, maka kita bisa melakukannya dengan cara membacakan buku cerita dan untuk mengarahkan imajinasinya, kita bisa menggunakan ilustrasi atau gambar, sehingga imajinasi anak tentang sesuatu akan lebih terarah, sehingga ia pun bisa mengaitkan isi cerita dengan fenomena yang sebenarnya terjadi.

Jika buku kaya akan ilustrasi, biasanya anak akan menikmati membuka-buka buku walaupun tidak ditemani oleh orang tuanya. Pasalnya mereka tetap bisa menikmati isi buku, walaupun mereka belum bisa membaca. Dan apabila kita sudah pernah menceritakan isi bukunya, maka anak bisa mengulangi cerita yang sama dengan sekedar melihat ilustrasi saja.

Periksa Isi Buku atau Muatan di Dalamnya

psikologan.blogspot.com

Memeriksa isi buku penting sekali untuk kita lakukan. Jangan sampai karena kelalaian kita, anak akan mengonsumsi isi buku yang tidak sesuai dengan usianya atau berisi muatan yang mengarah kepada keburukan. Jadi memeriksa isi buku merupakan salah satu cara menyelamatkan anak kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Tinggalkan komentar