Tips agar Kamu Bisa Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat

Banyak keinginan biasanya muncul ketika kamu sedang duduk dikelas 3 SMA atau sekarang lebih dikenal dengan kelas 12. Keinginan untuk dapat pendidikan yang sesuai dengan apa yang kamu cita-citakan.

Namun terkadang bukan hanya satu impian yang ingin kamu raih sehingga akan timbul berbagai macam gejolak dalam diri untuk menentukan pilihan yang tepat untuk mengenyam pendidikan.

Karena pendidikan yang kamu pelajari kelak tentu akan sangat berpengaruh bagi masa depanmu, maka jangan gegabah delam menentukan pilihan berdasarkan desakan orang tua, ikut arus teman ataupun hanya sekedar tertarik dengan kampus yang memiliki tempat bagus belaka.

uiupdate.ui.ac.id
uiupdate.ui.ac.id

Maka tentunya kamu perlu mengerucutkan pilihanmu pada satu jurusan kuliah yang benar-benar akan membantumu meraih masa depanmu. Dan hal-hal berikut dapat kamu jadikan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah:

  1. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan dirimu. Minat yang terkadang muncul adalah yang selaras dengan apa yang kamu sukai, misalkan adalah hobi. Kemudian kaitkan dengan cita-cita yang kamu inginkan maka kamu akan dapat menentukan jurusan yang tepat dan tentunya tidak akan membuatmu terbebani karena kamu dapat kuliah dan tetap melakukan segala sesuatu yang kamu suka.
  2. Kemampuan dalam suatu bidang. Terkadang seseorang terlalu berambisi untuk melakoni suatu jurusan tanpa memperhatikan kemampuan pada dirinya. Maka sebelum kamu mengambil keputusan untuk masuk dalam satu jurusan kuliah pastikan kemampuanmu terlebih dahulu agar tidak menyesal dan merasa terbebani di kemudian hari.
  3. Komitmen yang kuat. Pastikan kamu memiliki komitmen yang tinggi pada jurusan yang kamu pilih, komitmen yang dimaksudkan adalah merelakan waktu yang tidak sebentar untuk kuliah disertai dengan tenaga serta fikiran yang akan tercurah pada jurusan yang kamu kehendaki. Namun ini tidak akan berarti jika kamu memang bermiinat pada jurusan itu sendiri.

     

Tentu saja beberapa tips di atas akan sangat berarti jika diimbangi dengan semangat serta motivasi yang besar dalam mencapai cita-cita. Dan tentunya ingatlah bahwa masa depan yang cerah hanya dimiliki oleh orang-orang yang mau berusaha.

 

Tinggalkan komentar