Mengapa Memilih Kos Islami Sebagai Hunian Selama Kamu Kuliah? Inilah 5 Sebabnya

Namanya kos islami, kadang juga dikenal dengan istilah kos binaan. Hal yang pasti, buat kamu yang sebentar lagi akan menjadi mahasiswa di kota rantauan, masukkanlah kos binaan dalam daftar tujuan tempat kos pilihan kamu.

Mungkin istilah kos binaan atau kos islami sama sekali menjadi sesuatu yang asing bagi kamu. Namun, ada banyak alasan baik mengapa kos binaan adalah pilihan hunian yang tepat buat kamu.

Berikut beberapa ulasan mengenai kos binaan dan segala bentuk keseharian yang terkait di dalamnya. Semoga dapat menjadi pertimbangan yang jelas bagi kamu yang masih bingung sebagai ‘orang asing’ di kota orang lain.

Satu Guru, Satu Ilmu

titofauzi.blogspot.com

Pada beberapa universitas tertentu, kos binaan menerapkan syarat satu rumpun pada calon penghuninga. Artinya, dalam satu kos tersebut hanya berisi anak – anak yang berkuliah di datu fakultas yang sama.

Ini artinya ada kos binaan di setiap fakultas, ada kos binaan fakultas teknik, kos binaan fakultas mipa, kos binaan fakultas pertanian dan seterusnya. Dengan sisten ini kamu bisa belajar pada kakak – kakak tingkat satu jurusan yang ada d kos binaan.

Selain belajar perkara akademik, kamu juga berpotensi mendapat ‘bonus’ berupa buku ajar yang tidak lagi digunakan kakak tingkat. Pun berbagai tips non-akademik seperti tempat makan murah, organisasi dan peluang prestasi lainnya.

 

Terkoneksi Jaringan yang Lebih Luas

himmpas.pasca.ugm.ac.id

Biasanya kos binaan antar fakultas memiliki forum yang lebih luas. Forum komunikasi antar kos binaan biasanya digunakan sebagai media silaturahmi, kaderisasi dan kegiatan bersama seperti lomba antar kos binaan.

Dengan adanya jaringan dengan kos binaan lainnya dalam satu universitas, akan terjadi tukar ilmu, pengalaman, masalah dan tentunya solusi. Kamu akan mendapatkan pergaulan yang lebih luas dari anak kos pasa umumnya.

 

Teratur dan Disiplin

proskuneoindonesia.blogspot.com

Setiap kos binaan umumnya memiliki aturan dasar dan filosofi tersendiri. tentu saja aturan dasar ini dibuat demi kepentingan dan kenyamanan bersama selama tinggal di kos binaan.

Saalah satu aturan yang paling umum adalah tentang piket kebersihan kos. Ada semacam giliran piket kebersihan harian dan mingguan, pada waktu tertentu pun kerap dilakukan kerja bakti bersama membersihkan kos secara besar – besaran.

 

Terjaga Kehormatannya

ayualfath.wordpress.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa meskipun tidak pernah ada data dan pemberitaannya, kehidupan seks bebas anak kuliahan harus diakui bahwa memang ada dan nyata.

Nah, kamu tidak akan terjerumus atau sekedar mendekati pergaulan bebas semacam itu jika memilih kos binaan. Kos binaan yang melarang penghuninya membawa lawan jenis ke dalam kos, meskipun saudara sendiri.

Penghuni kos binaan yang keahuan berpacaran umumnya akan langsung dikeluarkan dari kos pada tahun berikutnya. Jadi, mana mungkin pribadi yang terjaga pergaulannya lewat aturan kos binaan masuk pada kehidupan penuh maksiat.

 

Berusaha Berislam Dengan Sempurna

baitulhikmahsukoharjo.com

Salah satu aturan dasar yang biasanya diterapkan pada kos binaan adalah salat berjamaah di masjid. Jika penghuni kos dalam kondisi fisik yang sehat, apapun alasanya budaya salat berjamaah di masjid adalah wajib.

Selain itu, sangatlah lazim dilakukan pertemuan mingguan sebagai bahan evaluasi akhlak, akademis dan kondisi kos. Pada pertemuan semacam itu biasanya diundang tokoh kampus untuk memberikan tausiyah inspiratif tentang agama dan perkuliahan.

Tentu saja budaya sunnah seperti puasa senin kamis, puasa ayyamul bidh (puasa tiga hari tangga 13, 14, 15 bulan hijriah), salat dhuha, tadarus dan tilawah Quran bahkan hingga hafalan Quran bersama adalah hal biasa yang dilakukan di kos binaan.

Jadi, masihkah kamu punya alasan untuk tidak memilih kos binaan?

Nah, kalau kamu tertarik untuk tinggal di kos binaan, kamu bisa menghubungi lembaga dakwah kampus (LDK) tempat kamu diterima, umumnya LDK memiliki jaringan langsung dengan forum kos binaan muslim di universitas mereka.

Selamat berkuliah di kota baru, selamat menghuni lingkungi baru, selamat menjadi baik dan berislam lebih bermutu!

Tinggalkan komentar