Mempercepat Koneksi Internet

Apakah koneksi internet Anda lelet? Jangan berkecil hati. Terdapat banyak cara untuk mempercepat koneksi internet. Berikut akan diuraikan beragam cara tersebut. Anda dapat mencoba salah satunya.

A. Mengubah Setting Bandwidth Pada Windows

Banyak orang yang belum tahu bahwa bandwidth untuk koneksi internet dalam sistem operasi Windows dibatasi sebanyak 20 persen dari total bandwidth. Nah, untuk menghilangkan pembatasan bandwidth yang dimiliki oleh Windows, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut.

  1. Klik tombol ‘Start’ pada Windows.
  2. Klik ‘Run’ dan ketikkan gpedit.msc pada kolom kosong, lalu klik ‘OK’.
  3. Pilih ‘Administrative Templates’, lalu klik ‘Network’.
  4. Setelah terbuka klik ‘QoS Packet scheduler’.
  5. Ubah setting pada ‘Limit Reservable Bandwidth’ menjadi Enable.
  6. Ubah Bandwidth Limitnya, dari 20 menjadi 0, lalu  Klik Apply OK.
  7. Keluar, lalu Restart komputer.

B. Setting DNS dengan OpenDNS

Cara lain untuk mempercepat koneksi internet yaitu dengan melakukan setting Domain Name Sistem (DNS) yang Anda pakai dengan menggunakan OpenDNS. Cara ini dilakukan untuk mengganti IP addrees yang tengah dipakai dengan IP address baru yang dimiliki OpenDNS. Cara untuk melakukan setting DNS adalah sebagai berikut.

  1. Buka ‘Control Panel’.
  2. Pilih ‘Network Connection’.
  3. Klik kanan ‘Local Area Connection’ pilih Properties atau ‘Wireless Network Connection’ jika Anda menggunakan wireless untuk koneksi.
  4. Pilih ‘Internet Protocol (TCP/IP)’ kemudian Klik Properties.
  5. Klik ‘Use Following DNS Server’.
  6. Isi Preferred DNS Server dengan angka: 208.67.222.222.
  7. Isi Alternate DNS Server dengan angka: 208.67.220.220.
  8. Kemudian, klik ‘OK’.

C. Menggunakan Software atau Aplikasi Tambahan

Cara lain untuk mempercepat koneksi internet yang lelet yakni dengan memasang beberapa software atau aplikasi tambahan untuk mempercepat koneksi internet. Saat ini ada banyak sekali software-software pendukung untuk mempercepat koneksi internet, mulai dari software berbayar hingga software gratisan. Berikut ini adalah beberapa software yang dapat Anda pilih untuk mendukung kegiatan berselancar di dunia maya.

  1. Onspeed 6.0.9

    Onspeed 6.0.9 adalah software yang mampu meningkatkan kecepatan internet hingga 10 kali lipat. Tag line produk ini sendiri adalah Dial-up – 10x Faster, Broadband – 5x Faster, Mobile connections – 8x Faster.

  2. Flash Speed 200%

    Software ini diklaim dapat mempercepat koneksi internet hingga mencapai 200% lebih cepat. Anda juga dapat meningkatkan kecepatan download dengan stabil dan semakin cepat. Cara mendapatkannya cukup dengan mendownload melalui situs yang menyediakan linknya.

  3. Modem booster

    Bagi yang menggunakan modem, bisa mencoba software yang satu ini. Software ini bisa didownload melalui situs-situs yang menyediakan modem booster ini, kemudian tinggal install. Cara menggunakannya, connect modem terlebih dahulu lalu buka software modem booster ini dan klik “Begin”. Anda tinggal melakukan akses seperti biasa. Namun, pastikan bahwa sinyal modem dalam keadaan normal dan baik, sehingga keleletan selama ini bukan disebabkan oleh jaringan yang susah.

  4. Dsl Speed

    Dsl Speed merupakan software untuk mengoptimalkan koneksi internet. Fitur-fitur dalam Dsl Speed antara lain loading halaman web lebih cepat, melakukan verifikasi MTU ISP yang digunakan, mengoptimalkan nilai unik DSL, dan mengoptimalkan kecepatan koneksi online dan offline DSL ke MAX.
    Versi Dsl Speed ini juga terus diperbaharui dengan penyempurnaan yang lebih berkembang. Cara mendapatkannya juga mudah, cari link donwloadnya di berbagai situs penyedia software semacam ini. Download softwarenya, lalu install. Langkah selanjutnya tinggal melakukan optimasi melalui fitur Advance Optimize.

  5. Fasterfox

    Fasterfox merupakan software yang terus dikembangkan hingga saat ini melalui peluncuran berbagai macam versi. Perkembangan ini dilakukan sesuai dengan perkembangan firefox yang terus dilakukan. Fasterfox ini merupakan add-ons yang berperan sebagai tool untuk meningkatkan kemampuan browser firefox.
    Fungsi fasterfox ini adalah untuk meningkatkan kinerja firefox baik saat setting rendering, pipelining, cache, dns, delay, dan setting koneksi lain. Untuk menjalankan fungsinya, Anda akan diberi pilihan tingkatan yang cukup ditandai pada menu presets, yaitu Default, Courteous, Optimized, dan Custom.

  6. Google Web Accelerator

    Aplikasi ini diluncurkan oleh Google. Fungsinya untuk meningkatkan kecepatan loading halaman-halaman web. Proses penambahan kecepatan dilakukan dengan mengompres data web yang berasal dari web server ke bagian pencarian komputer pengguna.

  7. Fullspeed 2.7

    Aplikasi Fullspeed 2.7 merupakan aplikasi yang dirancang untuk mempercepat koneksi internet yang terus dikembangkan dengan berbagai versi. Versi Full speed internet booster 3.3 pro merupakan salah satu jenisnya. Versi ini mampu mempercepat koneksi internet untuk download, web browsing, data streaming, e-mail, P2P, hingga game. Untuk para gamers yang sering jengkel dengan koneksi lambat yang mengganggu keasyikan bermain, bisa mencoba software yang satu ini.

  8. Cfos Speed

    Aplikasi yang satu ini hampir sama dengan aplikasi lain yang berfunsgi untuk meningkatkan koneksi internet baik untuk sekedar membuka web hingga mendownload video dengan ukuran besar. Tapi, aplikasi ini sebenaryna meng-install driver jaringan baru. Semua data jaringan mengalir melalui driver baru ini.
    Teknik yang dipakai oleh software Cfos Speed ini akan memonitor dan mengubah semua lalu lintas jaringan sehingga data download dan upload akan masuk tanpa antrian. Software ini juga sangat membantu untuk game online, skype, download video, mp3, juga mengupload dengan kecepatan yang mengagumkan.

Catatan

  • Sebelum menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas, perhatikan jaringan yang tersedia. Apabila internet lelet disebabkan oleh jaringan yang jelek, maka coba dulu untuk mengatasinya. Tips di atas hanya dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dan kecepatan koneksi internet.
  • Apabila Anda suka men-download video dan file yang ukurannya hingga ratusan Mb, usahakan download satu persatu sampai selesai. Jangan lakukan semuanya bersama-sama karena akan menambah lelet kecepatan koneksi internet.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar