6 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet

Untuk dapat tersambung ke jaringan internet, pengguna harus menggunakan layanan khusus yang disediakan ISP melalui media transfer data yang sesuai. Bisa melalui saluran telepon atau media yang lain. Kebutuhan akan koneksi internet yang cepat mendorong pengembangan teknologi komunikasi data yang baru. Dulu, akses internet dial up melalui jaringan telepon dirasa sudah mencukupi. Namun saat ini, layanan itu tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna internet.

Pengguna internet tentu ingin membuka halaman-halaman buku elektronik dengan cepat, mendengarkan siaran radio internet, menonton siaran televisi online, telepon internet, atau melakukan konferensi jarak jauh. Semua itu membutuhkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, penyedia jasa internet (ISP) menawarkan berbagai macam metode koneksi internet yang dapat dipilih pelanggan sesuai dengan kebutuhannya.

Surfing di internet memang menyenangkan. Upload berbagai macam foto, download video, chatting dengan teman dan hal lainnya seperti browsing, bertukar e-mail, atau Skype.

Namun, kegiatan tersebut akan berubah menjadi menjengkelkan ketika koneksi internet tiba-tiba menjadi lambat. Berikut ini adalah 6 cara mudah untuk mempercepat koneksi internet kamu

Gunakan Teknologi Terbaru

privatewifi.com
privatewifi.com

Semakin baru teknologi tersebut maka akan memberikan sesuatu yang lebih bagus dari teknologi sebelumnya. Salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan menggunakan teknologi jaringan terbaru. Selain menawarkan kecepatan yang lebih baik, teknologi terbaru juga akan mengingkatkan kestabilan koneksi.

Pilih Provider yang Tepat

blogspot.com
blogspot.com

Pada ujungnya yang berpengaruh besar terhadap koneksi internet kita adalah provider. Provider biasanya menyediakan besarnya koneksi internet sesuai harga. Semakin mahal maka semakin besar bandwidth yang diberikan kepada konsumen. Pemilihan provider tergantung kebutuhan kamu, jika kamu merasa butuh internet cepat maka pilihlah provider yang menyediakan layanan internet cepat. Jika kamu hanya perlu internet yang tidak butuh koneksi cepat, misalnya hanya untuk mengirim email. kamu sebaiknya pilih provider yang dapat menghemat kantong kamu.

Pilih Provider yang Sepi Pengguna

brta.in
brta.in

Cara ini berbeda dengan cara sebelumnya. Semua provider pada dasarnya saling berlomba untuk menggaet customer dengan iming iming internet cepat dan murah. Namun semakin banyak pengguna di provider tersebut dapat menyebabkan kepadatan traffic yang berlebihan. Sepeti sebuah jalan raya, selebar apapun itu kalau penggunanya juga ramai tetap bakalan macet. Jadi cara ini bisa jadi salah satu alternatif kamu jika ingin mempercepat koneksi internet.

Merubah Ukuran Bandwidth Komputer Kamu

wonderhowto.com
wonderhowto.com

Selain cara cara non teknis diatas. Ada beberapa cara teknis yang dapat mempercepat koneksi internet kamu. Salah satunya adalah pengaturan bandwidth. Secara default sebuah komputer telah diatur penggunaan bandwidth nya. Misalkan komputer windows kamu memiliki pangalokasian bandwidth sebesar 20 % untuk windows update dan sisanya untuk browser kamu. Maka jika kamu ingin memperbesar bandwidth komputer kamu maka kamu bisa menggunakan langkah langkah ini (Khusus Sistem Operasi Windows):

  • Klik Start pada komputer Windows kamu
  • Pilih Run > Ketik gpedit.msc pada kolom yang disediakan
  • Klik OK
  • Pilih Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
  • Double Klik pada menu Limit Reservable Bandwidth
  • Pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK
  • Restart komputer Kamu untuk menerapkan perubahanya.

Mengubah DNS Pada Komputer

wikimedia.org
wikimedia.org

Cara teknis selain mengubah bandwidth adalah dengan melakukan perubahan pada DNS. Domain Name System (DNS) digunakan untuk memetakan nama domain ke alamat ip. Ketika kita tersambung ke internet dan ingin membuka web tertentu kita tidak langsung ke web tersebut. Kita harus melewati beberapa tempat untuk menuju lokasi web yang dituju. Dengan setting DNS yang benar, kita dapat mempercepat waktu untuk membuka sebuah web. Berikut langkah langkah untuk mengganti DNS komputer kita.

Menggunakan Open DNS

  • Buka Control Panel Komputer Anda
  • Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Ubah DNS > Prefered DNS: 208.67.222.222 > Alternate DNS: 208.67.220.220

Menggunakan DNS dari Google

  • Ubah Prefered dan Alternate DNS Server
  • Prefered DNS Server: 8.8.8.8
  • Alternate DNS Server: 8.8.4.4

Mengaktifkan DNS Cache

wptouch.com
wptouch.com

Cara teknis lainya masih berkaitan dengan DNS. DNS Cache akan menyimpan alamt – alamat ip dari domain yang telah kita kunjungi, sehingga komputer tidak perlu menanyakan alamat lagi ke root web. Berikut ini langkah langkah mengaktifkan DNS Cache.

  • Buka Notepad
  • Copy kode berikut ini ke dalam notepad :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
 "CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
 "CacheHashTableSize"=dword:00000180
 "MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
 "MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d
  • Simpan notepad tersebut dengan nama dnscache.reg
  • Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg tadi.

Tinggalkan komentar