Cara Mempublikasikan Tulisanmu Agar Lebih Banyak Menebar Bermanfaat

Menulis bukanlah sesuatu yang mudah. Namun tak bisa juga di bilang sulit. Nyatanya di status facebook, instagram, thumbler, dan lain sebagainya tiba-tiba muncul ratusan penulis puisi puitis.

Meskipun rata-rata isi tulisan tersebut adalah kegalauan si penulis. Mungkin kamu termasuk salah satu diantaranya.

Ada juga orang yang hobi menulis dan hanya menyimpan rapi karyanya dalam 1 folder di laptop. Ia cukup puas melampiaskan jeritan hatinya pada keyboard laptop. Mungkin ia malu dan sama sekali tak memiliki mimpi untuk mempublikasikan tulisannya.

Mempublikasikan tulisan bukan hanya tentang menjadi terkenal untuk kemudian meraup banyak royalti. Meskipun tak sedikit yang menggunakan alasan materi sebagai penyemangatnya untuk selalu mempublikasikan tulisan.

Namun ubahlah mindset ini menjadi lebih mulia. Mempublikasikan tulisan agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tulisanmu. Berikut ini beberapa cara mempublikasikan tulisan yang bisa kamu coba satu per satu.

1

Mengirim Kepada Penerbit Buku

www.layakbaca.com

Cara ini adalah cara yang paling prestisius dalam mempublikasikan tulisanmu. Bayangkan saja buku hasil tulisanmu menghiasai rak di toko buku terkenal yang tersebar di seluruh nusantara.

Namun cara ini paling tidak mudah. Kamu harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh penerbit agar penerbit mau menerbitkan bukumu. Jika sudah disetujui penerbit, biasanya kamu masih diminta untuk merevisi beberapa bagian tulisanmu.

Sebelum mengirimkan tulisanmu kepada penerbit, akan lebih baik jika kamu mempelajari penerbit targetmu terlebih dahulu. Sebagai contoh mempelajari genre-genre buku apa saja yang diterbitkan. Pertimbangkan apakah tulisanmu sesuai dengan genre yang mereka kembangkan.

2

Mengirim ke Media Massa

www.studijurnalistik.blogspot.com

Pilihan kedua adalah mengirimkan karya ke media massa seperti koran, majalah, dan lain-lain. Ada banyak rubrik yang bisa kamu bidik dari media massa. Mulai dari opini, puisi, cerita pendek, dan cerita bersambung.

Sama halnya dengan penerbit, kamu juga wajib mempelajari media massa yang akan kamu bidik. Setidaknya belilah media massa tersebut selama beberapa edisi terakhir agar dapat mengetahui tulisan seperti apa yang disukai editor.

3

Menerbitkan pada Penerbit Indie

www.menerbitkanbuku.blogspot.com

Saat ini ada banyak penerbit indie yang dapat memfasilitasimu mempublikasikan karyamu. Kamu hanya perlu membayar beberapa ratus ribu maka tulisanmu dalam versi buku dapat di cetak dalam beberapa eksemplar.

Biasanya penerbit indie ini memfasilitasi proses editing, desain halaman, dan desain kover. Namun untuk promosi penerbit indie tidak membantu. Kamu bisa gencar melakukan promosi sendiri lewat media sosial.

4

Publikasi Dunia Maya

www.wignyawirasana.com

Zaman telah berubah. Jika kamu masih enggan mempublikasikan karya dalam media kertas, kamu dapat mempublikasikannya melalui dunia maya.

Sebagai contoh blog. Tekunlah dalam menulis dan mengupdate tampilan blog. Jika rating blogmu dikunjungi orang cukup tinggi, maka dengan sendirinya akan ada perusahaan yang menumpang iklan. Kamu dapat meraup keuntungan dari sini.

Raditya Dika sebagai penulis buku-buku gokil juga mengawali karir kepenulisannya dari blog. Kemudian blog tersebut dikumpulkan dan dibukukan.

Selain Raditya Dika, masih banyak penulis lain yang meniti karir dari dunia maya.
Hal terpenting jika kamu ingin menjadi penulis terkenal dan menginspirasi adalah teruslah menulis.

Tak akan ada gunanya kamu membaca buku cara jitu menjadi penulis handal, jika kamu tak bersegera membuang rasa malasmu untuk mulai menulis. Tuliskan hal-hal yang menurutmu sederhana sekalipun.

Kemudian berusahalah untuk mempublikasikannya. Mungkin tulisan sederhanamu suatu hari nanti menginspirasi pembacamu meski kamu tak mengenalnya sama sekali.

Tinggalkan komentar