Cara Mudah Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Baking soda selama ini dikenal sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kue. Baking soda merupakan bahan kimia sintetis yang termasuk dalam kelompok garam yang bersifat basa, korosif dan abrasif. Ibu rumah tangga kerap menggunakan bahan ini sebagai bahan pengembang kue sehingga lebih umum disebut soda kue.

Selain sebagai pengembang kue, baking soda memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan antara lain untuk meredakan asam lambung, mengatasi gigitan serangga dan merendam kaki yang mengalami kelelahan. Tidak kalah menariknya, memutihkan gigi juga dapat dilakukan dengan baking soda.

Baking soda atau yang dikenal dengan nama natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat ini diketahui efektif untuk membersihkan gigi. Kemampuannya dalam menghilangkan noda yang menempel pada gigi cukup menakjubkan. Baking soda mampu menjangkau daerah sela-sela gigi dan mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Baking soda juga mampu membuang penumpukan plak gigi, mengilangkan bau mulut serta mencegah terjaddinya penyakit gigi dan gusi. Berikut beberapa resep cara memutihkan gigi menggunakan baking soda:

 

Hidrogen peroksida dan baking soda

 

Hidrogen-peroksida
pinterest.com

Hidrogen peroksida merupakan bahan pemutih yang kuat. Campur sedikit baking soda dengan hidrogen peroksida sampai terbentuk pasta kental lalu gunakan seperti pasta gigi pada umumnya lalu kumur sampai bersih

Hidrogen peroksida merupakan bahan pemutih yang kuat. Campur sedikit baking soda dengan hidrogen peroksida sampai terbentuk pasta kental lalu gunakan seperti pasta gigi pada umumnya lalu kumur sampai bersih

Garam dan baking soda

 

garam
www.nsmbl.nl

Cara membuatnya sederhana yakni campurkan 1 sendok teh garam dan 3 sendok teh baking soda. Gunakan sebagai bubuk pembersih untuk memutihkan gigi lalu kumur dengan air bersih

Baking soda, gliserin dan ekstrak pepermint

 

glycerin
kinkyfrizzycurly.blogspot.com

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 3-4 sendok teh gliserin sayuran dengan 5-6 sendok teh baking soda. Lalu tambahkan setengah sendok garam dan beberapa tetes ekstrak peppermint ke dalam campuran, aduk rata.

 Saat memutihkan gigi menggunakan baking soda sebaiknya hati-hati. Hindari menyikat gigi dengan keras karena dapat merusak permukaan gigi. Penggunaan baking soda yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang dapat mengikis gigi karena sifat abrasifnya. Dan yang tidak kalah penting adalah selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, bila perlu selalu periksa ke dokter gigi secara rutin.

Demikian infromasi mengenai cara memutihkan gigi dengan baking soda. Semoga bermanfaat dan selamat datang gigi putih.

 

Tinggalkan komentar