Sambil Mengisi Waktu, Kamu Bisa Menabung Dari Hasil Kerja 8 Jenis Freelance Ini

Barangkali kamu sedang menunggu jawaban aplikasi pekerjaan ke berbagai perusahaan. Atau bisa jadi kamu sedang mengumpulkan berkas untuk studi lanjut? Atau tidak kedua – duanya? Kamu sedang mengumpulkan modal usaha?

Nah, beberapa ide freelance atau pekerjaan sampingan ini bisa kamu pilih salah satu atau malahan semuanya sekaligus. Hal yang penting adalah, meskipun hanya pekerjaan sampingan jangan pernah gadaikan kualitas kamu.

Apapun yang kamu kerjakan, harus dikerjakan dengan sungguh – sungguh tentunya. Kualitas hasil pekerjaan kamu akan menentukan reputasi kamu dalam mengerjakan sebuah pekerjaan.

Jadi, selamat menjadi freelancer yang profesional!

 

1

Reseller Online

unsplash.com

Kalau kamu punya banyak kenalan kawan – kawan yang memiliki produk , itu adalah peluang. Menjadi reseller barangkali adalah cara yang hampir tidak membutuhkan modal sama sekali.

Hal yang perlu kamu miliki tentu saja banyak rekanan produsen. Karena harga yang ditawarkan produsen jauh lebih murah sehingga kamu juga dapat menjualnya dengan harga yang pas. Kamu untung, pembeli merasa beruntung.

 

2

Tur Wisata

unsplash.com

Untuk freelance yang satu ini, tentu kamu harus memiliki rekanan biro jasa pariwisata. Kamu bisa ikut di komunitas Bis Mania Community dan menawarkan diri sebagai tour guide pariwisata luar kota.

Atau kamu bisa menjadi tour guide lokasi wisata sejarah lokal seperti museum, keraton dan kawasan wisata budaya lainnya. Tentu saja yang paling menyenangkan adalah kamu bisa travelling gratis dan berinteraksi dengan banyak orang.

 

3

Penulis Lepas

unsplash.com

Kalau kamu gemar menulis, cobalah untuk menekuninya dan konsisten dalam bidang ini. Karena banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh seorang penulis. Mulai dari menulis berbagai kolom di koran lokal hingga nasional.

Bisa juga kamu menulis pada website serba – serbi hiburan. Hal yang lebih jauh tentu saja kamu bisa terus menulis setelah diterima bekerja atau saat menjalani studi lanjutan kelak.

 

4

Jasa Fotografi

unsplash.com

Cobalah memanfaatkan kamera DSLR yang kamu miliki. Kamu bisa membuka studio foto kecil atau jasa pemotretan acara formal dan non formal. Bahkan kamu bis amenawarkan jasa fotografi kamu ke instansi – instansi pemerintahan.

 

5

Desainer Grafis

unsplash.com

Buat kamu yang lebih suka melakukan berbagai kreasi visual, menekuni dunia desain grafis juga cukup menjanjikan. Kamu bisa membuat berbagai desain mulai dari desain pakaian hingga desain logo.

Saat ini juga terdapat website yang khusus menjadi ‘penjual’ desain kamu. Salah satunya adalah website Tees. Kamu cukup mendaftar dan meng-upload desain kamu sebagai desain pakaian, mug, jaket, bahkan casing smartphone.

 

6

Guru Les Privat

unsplash.com

Nah, buat kamu yang agak kesulitan dengan pekerjaan kreatif, kamu bisa menjadi guru les privat. Kamu dapat membangun agensi les kamu sendiri atau menjadi bagian dari agensi les yang telah ada.

 

7

Event Organizer

unsplash.com

Kini banyak sekali event besar semacam pameran di berbagai kota di Indonesia, mulai dari kota besar hingga kabupaten kecil. Nah, pameran – pameran semacam ini kini mulai rutin setiap satu atau tiga bulan.

Tentu saja kamu bisa menjadi organisator yang memanajemen keperluan pameran dari A sampai Z. Pekerjaan sampingan ini sangat cocok buat kamu yang suka melakukan pengelolaan banyak hal dalam skala besar.

 

8

Asisten Penelitian

unsplash.com

Jangan ragu ‘PDKT’ dengan dosen dengan melakukan diskusi berat dan berbobot. Buktikan juga kalau kamu dapat menyelesaikan penelitian skripsi kamu dengan baik dan lancar tanpa kendala dari internal kamu sendiri.

Dengan cara ini kamu jelas akan mendapatkan kepercayaan dari dosen. Bahkan sesaat setelah lulus kamu bisa bekerja sampingan sebagai asisten penelitian pada proyek – proyek penelitian yang sedang dikerjakan dosen.

Tinggalkan komentar