Menanam Bunga Krisan

Bunga krisan adalah bunga hias yang memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan bunga yang lain. Selain bunga ini mempunyai beberapa varian warna, krisan juga mempunyai manfaat yang lain. Krisan dapat mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Jadi bunga yang mempunyai warna putih, ungu, biru, dll ini bisa digunakan untuk menghindarkan ruangan dari serbuan nyamuk. Cukup membantu bukan? Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk anti nyamuk yang mahal. Pada umumnya bunga krisan sangat adaptif terhadap lingkungan sehingga bisa ditanam dan tumbuh baik di daerah dengan kondisi tanah yang baik maupun yang kurang baik. Cara menanam dan perawatannya juga cukup mudah sehingga siapa saja termasuk Anda dapat menanamnya. Anda tertarik untuk menanamnya, berikut adalah panduannya:

Persiapan Tanam

Pilihlah pot/polybag yang mempunyai lubang pembuangan air, atau jika tidak ada maka lubangi bagian bawahnya sekitar 4 buah. Pembuatan lubang berfungsi untuk saluran pembuangan air siraman agar tidak menggenangi media tanam. Selanjutnya buatlah media tanam dari campuran tanah dan arang sekam padi dengan perbandingan 2:1.

Penanaman

Bunga krisan di tanam dari benih, untuk benih bisa dibeli di toko pertanian. Penanaman bisa melalui persemaian atau langsung ditanam, untuk mempersingkat waktu dan tenaga sebaiknya benih langsung ditanam tanpa melalui persemaian. Caranya taburkan 5-7 bienih untuk setiap satu pot tanam. Tujuannya agar pertumbuhan krisan bisa maksimal tanpa terbatasi ruang tanam yang sempit. Timbun dengan tanah tipis diatasnya dan basahi media tanam agar benih bisa tumbuh.

Perawatan

Lakukan perawatan dengan rutin dan teratur dengan penyiraman dan pemupukan. Keduanya bisa dilakukan secara bersamaan yaitu dengan melakukan pemupukan cair dengan dosis airsebagai pelarut sebanyak 5 kali lipat dari dosis pupuk. Penyiraman dilakukan saat tanaman sudah terlihat kering. Sedangkan untuk pemupukan lanjut bisa dengan pupuk organik maupun buatan dengan cara ditebar tipis di atas media tanam. Jika dilakukan penanaman dan perawatan yang baik maka tanaman akan tumbuh subur dan cepat berbunga.

Tinggalkan komentar