Menanam Bunga Melati

Melati merupakan salah satu bunga yang banyak ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini mempunyai bunga berukuran kecil dengan mahkota bunga berjumlah 6-8 helai. Warna yang paling umum dijumpai pada bunga melati adalah warna putih, meskipun ada beberapa warna lain. Cara penanaman bunga melati sangatlah mudah, cara perawatannya juga tergolong sangat mudah. Tanaman ini juga tidak memerlukan media tanam yang khusus dan rumit, cukup tanah gembur yang mengandung unsur organik dengan pH antara 6-7. Hanya saja jika perawatan yang dilakukan kurang baik maka bunga melati akan mogok berbunga. Pada umumnya bunga melati adalah bunga yang menyenangi areal terbuka yang mendapat sinar matahari secara langsung sehungga sangat cocok ditanam di pekarangan rumah. Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, berikut adalah panduannya:

Pembibitan

Dalam pembibitan, pilihlah batang melati yang baik dan berukuran sedang. Potong batang tersebut sepanjang 12 cm untuk pembibitan stek dan selanjutnya tanam dalam polybag semai. Siram untuk menjaga kelembaban media semai. Setelah beberapa minggu maka batang akan muncul tunas daun yang baru. Bibit yang sudah tumbuh tunas selanjutnya bisa dipindah ke dalam pot atau pekarangan rumah.

Penanaman

Siapkan media tanam permanen pada pot atau pekarangan dengan komposisi tanah dan kompos/pupuk kandang 1:1. Tanam bibit yang sudah siap dengan hati-hati agar tanaman tidak rusak, lalu timbun dan sedikit padatkan media tanam di sekitarnya. Pilihlah tempat tanam yang teduh, sebelum benar-benar tumbuh baik jangan pindahkan ke tempat tanam dibawah terik matahari.

Perawatan

Lakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore hari. Siangi gulma dan rumput liar disekitar tanaman melati. Jangan lupa lakukan pemupukan saat usia tanam sudah masuk 1 minggu. Pupuk yang diberikan adalah NPK dengan perbandingan 15:15:15 dengan dosis 5 gr/tanaman. Pemupukan dilakukan setiap sebulan sekali. Selain itu pemangkasan daun juga bisa dilakukan jika tanaman sudah mulai menjalar terlalu jauh. Salah satu fungsi pemangkasan adalah untuk merangsang tanaman agar cepat berbunga dan memperbanyak ranting/cabang. Bunga akan mulai muncul setelah minggu ke 5 hanya jika perawatan dilakukan dengan baik.

Tinggalkan komentar