Menanam Bunga Sedap Malam

Sedap malam adalah jenis tanaman hias yang berbunga dan mekar setiap malam tiba. Bunga ini mempunyai bau yang harum juga khas bila dibandingkan dengan tanaman bunga yang lain. Tanaman ini memiliki varian warna bunga yaitu putih, merah, dan kuning. Tetapi umumnya jenis sedap malam berwarna putih yang paling banyak ditanam. Penanaman dan pemeliharaannya juga cukup mudah, bahkan bunga ini tidak membutuhkan media tanam yang khusus. Sedap malam bisa ditanam baik di tanah secara langsung maupun ditanam dalam pot atau polygbag. Bunga sedap malam mempunyai kesegarannya yang bisa bertahan hingga 5-10 jam. Sedap malam akan tumbuh optimal bila ditanam di daerah dataran rendah dengan pH tanah antara 5-5,7. Namun tanaman ini tetap masih bisa tumbuh di dataran tinggi, meskipun bunganya kurang mekar dan tangkai bunganya lebih lemas. Jika Anda tertarik untuk menanamnya, berikut adalah panduannya:

Pembibitan

Bunga sedap malam bisa diperbanyak melalui umbinya. Pertama-tama pilhlah umbi yang sudah cukup tua dari rumpun tanaman induk minimal yang sudah berusia 1,5 tahun atau degan besar sekitar 1-2 cm. Keringkan selama 2-3 minggu, kemuian simpan bibit selama 1 bulan agar nantinya umbi tersebut akan mudah bertunas.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga sedap malam bisa dibuat dari campuran tanah, arang sekam, dan kompos/pupuk kandang halus dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan semua bahan sampai merata dengan sempurna. Masukkan kedalam polybag atau pot tanaman sesuai ukuran yang diinginkan. Usahakan polybag/pot mempunyai lubang drainase untuk mencegah penggenangan air yang bisa menyebabkan tanaman busuk.

Penanaman

Siapkan lubang tanam sesuai ukuran umbi yang akan ditanam dengan kedalaman 5 cm. Masukkan umbi kedalam lubang tanam, kemudian ditutup dengan tanah dan padatkan areal sekitar penanaman. Lakukan penyiram secara teratur agar bibit cepat bertunas.

Perawatan

Perawatan tanaman dapat dilakukan dengan melakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Lakukan pemupukan setelah tanaman masuk usia 6 bulan setelah tanam. Berikan pupuk berupa campuran Urea dan TSP dengan kmposisi 1:1. Selanjutnya bunga sedap malam akan berbunga setelah masa tanam menginjak usia 4-5 bulan. Bunga akan mekar setiap malam hari tiba dan memunculkan aroma yang yang harum.

Tinggalkan komentar