Menanam Cabai secara Sederhana

Konon, cabai dibawa orang-orang Belanda ke Indonesia pada masa penjajahan untuk meracuni rakyat Indonesia. Siapa sangka, alih-alih meracuni ternyata cabai justru ramah bagi lidah orang Indonesia. Bahkan sensasi pedas dari cabai ini dikisahkan menjadi bumerang bagi kaum penjajah. Mata melotot, keringat menetes, dan mulut mendesis akibat kepedasan membuat kaum penjajah ketakutan.

Setiap tahun selalu terjadi kenaikan harga cabai. Bagi Anda yang hidup di daerah perkotaan tentu menderita tatkala harga cabai melangit. Sementara orang yang tinggal di kampung mungkin tidak terpengaruh atau justru beruntung karena mereka menanam cabai.

Kini marak penggunaan polybag atau pot sebagai media untuk menyiasati keterbatasan lahan. Penggunaan polybag juga dapat diterapkan pada cabai. Berikut ini cara sederhana menanam cabai.

1. Pembenihan

Seleksi benih yang akan ditanam dengan cara merendamnya ke dalam air. Buang biji yang terapung.

2. Persiapan tanah di dalam pot dan Pembibitan

Lakukan persiapan ini dua minggu sebelum penanaman. Mulailah denga mempersiapkan tanah di dalam pot. Siapkan pula tanah gembur, pupuk kompos, pupuk kandang dengan jumlah yang hampir sama. Jika bahan-bahan tersebut sudah siap, campur lalu masukkan ke dalam polybag/pot berukuran diameter minimal 30 cm. Kemudian sebarkan bibit Anda. Setelah satu minggu, sebaiknya lakukan penyiraman cairan perangsang akar di dalam tanah tersebut.

3. Teknik penanaman

Sediakan polybag/pot yang lebih besar dari media bibit cabai Anda sebagai media tanam. Lalu lubangi polybag media tanam Anda. Pindahkan bibit cabai Anda ke dalam polybag ini. Tanam bibit cabai Anda ke dalam polybag secara hati – hati agar tidak merusak bagian akarnya. Lakukan penyiraman biasa bila cuaca sedang panas terik.

3. Proses perawatan tanaman cabai

– Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari
– Berikan pupuk perangsang tumbuh sekali dalam seminggu
– Lakukan perempelan daun-daun yang tua, bunga pertama dan seluruh tunas yang keluar dari ketiak daun dari percabangan tunas
– Menghilangkan tanaman liar yang bersifat gulma dan melakukan penyemprotan bila terdapat hama pengganggu.

Demikian cara menanam cabai yang mudah dan sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar