Menanam Dan Budidaya Bunga Ararea

Bunga ararea adalah bunga yang berbentuk tanaman semak berkayu. Bunga ini memiliki ciri daun berwarna kuning dengan aksen hijau atau bintik-bintik di tengahnya. Ararea berdaun panjang dan banyak, hampir mirip dengan tumbuhan semak liar. Namun karena kekhasan warna daunnya inilah ararea ditanam sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki daya adaptasi baik terhadap lingkungan tanamnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir bila akan berencana menanamnya. Namun sebelum Anda mulai menanamnya, sebaiknya Anda baca panduan berikut ini:

Pembibitan

Pembibitan ararea bisa dengan stek batang. Pilih batang yang ukurannya pas dan lurus. Potong miring lalu bibit sudah bisa ditancapkan pada media tanam langsung. Namun apabila ingin ditanam besok harinya sebaiknya letakkan di tempat yang lembab agar tidak layu.

Penanaman

Terlebih dahulu siapkan media tanam dari tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1) yang dicampur secara merata. Lalu tanam bibit ararea pada media tanam. Usahakan sedalam 5 cm agar tumbuhan punya perakaran yang kuat. Terakhir berikan siraman air supaya tidak layu.

Perawatan

Perawatannya cukup sederhana, seperti penyiraman secara teratur saat tanaman terlihat kering. Berikan pupuk kandang/kompos setelah tanaman tumbuh baik. Pemberian dilakukan selama sebulan sekali.

Tinggalkan komentar