Menanam Dan Budidaya Bunga Bokor

Bunga bokor adalah bunga yang sangat cantik bila ditanam sebagai tanaman hias. Bokor mempunyai bunga berwarna biru langit tipis dengan jumlah mahkota bunganya empat. Selain itu bunganya juga bergerombol di ujung btangnya, sehingga terlihat seperti buklet bunga yang sudah dirangkai. Cantik sekali, bukan? Bunga ini cukup ditanam dipekarangan atau pot dengan media tanam yang biasa saja. Cara tanam dan perawatannya juga sangat mudah, jadi Anda pasti bisa menanamnya sendiri dirumah. Berikut adalah panduan tata cara penanamannya secara lengkap:

Pembibitan

Pembibitan bunga bokor dilakukan dengan stek akar. Caranya pilih dan pisahkan tunas baru yang keluar dari akar tanaman indukan. Pisahkan dengan hati-hati jangan sampai batang dan akarnya terkena pisau sehingga rusak. Setelah itu bibit bisa segera ditanam di media tanamnya.

Penanaman

Siapkan dan olah media tanam yang terbuat dari campuran tanah gembur dan pupuk kandang/kompos halus (1:1). Lalu tanam bibit yang sudah siap tadi pada media tanam yang sudah diolah. Lakukan penanaman dengan baik dan hati-hati. Timbun dan padatkan tanah disekitar pangkal bibit agar bibit tidak mudah roboh.

Perawatan

Perawatan yang diberikan hanya sekedar penyiraman secara berkala saja. Lakukan minimal 5-7 hari sekali. Selebihnya berikann pupuk sebagai nutrisinya. Pemberian bisa dijadwal setiap 3 bulan sekali saja.

Tinggalkan komentar