Menanam Dan Budidaya Bunga Bromelia

Bila dilihat-lihat bunga bromelia seperti bunga adam hawa, bukan? Ya, jika tanaman ini masih belum berbunga. Namun jika sudah berbunga maka Anda akan tahu bahwa bunga ini adalah bunga bromelia. Namun jika dilihat dengan jeli, kedua bunga ini sangat berbeda. Lihat saja bunga adam hawa daunnya dua warna atas bawah berbeda, atas hijau dan bawah ungu. Sedangkan bromelia mempunyai warna daun yang sama, hijau pada bagian rumpun bunga bawah dan rumpun bunga atas berwarna merah muda/merah. Nah cantik, bukan? Itulah mengapa Anda harus menanamnya. Berikut ini ada panduan untuk menanamnya:

Pembibitan

Karena bromelia tergolong tanaman rumpun, maka pembibitan cukup dengan pemisahan rumpun bibit dari induknya saja. Ambil rumpun yang segar dengan warna cerah tanpa penyakit dan bekas serangan hama. Pisahkan dengan hati-hati bersama akarnya. Setelah itu letakkan dulu di tempat basah sebelum ditanam.

Penanaman

Setelah bibit siap maka Anda harus mempersiapkan media tanam berupa tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1) lalu campur hingga rata. Tanam dengan hati-hati sehingga akar dan batang tidak rusak, karena tanaman ini termasuk tanaman yang mudah rusak. Beri air agar tidak layu.

Perawatan

Karena bromelia tidak membutuhkan air yang banyak, tanaman ini cukup disiram seperlunya saja. Selain itu jangan lupa berikan nutrisi berupa pupuk baik organik maupun organik secara siram maupun tebar. Berikan setiap 2 bulan sekali saja sudah cukup.

Tinggalkan komentar