Menanam Dan Budidaya Bunga Geranium

Bunga geranium, masing asingkah ditelinga Anda? Jika iya, ingat-ingat lagi, bukankah buga ini sering kita dengar di iklan obat anti nyamuk oles? Nah, itu. Bunga ini sangat unik, selain warnanya yang beraneka macam, ungu, putih, kuning, pink, dan biru. Geranium juga mempunyai zat yang menghasilkan bau yang dapat mengusir atau tidak disukai oleh nyamuk, sehingga dapat digunakan sebagai obat anti nyamuk oles. Bunga yang satu ini juga sangat mudah dan sederhana dalam penanaman dan perawatannya. Jika Anda ingin menanamnya sendiri maka silahkan baca panduan berikut ini:

Pembibitan

Pembibitan bunga geranium bisa dengan cara pembibitan tunas. Ambil tunas yang tumbuh disekitar tanaman induk, pisahkan dengan hati-hati jangan sampai merusak akarnya. Selanjutnya setelah terpisah dengan utuh bisa langsung ditanam atau disimpan dahulu di tempat lembab/basah.

Penanaman

Persiapkan media tanam yang dapat dibuat dengan mencampurkan tanah biasa dengan pupuk kandang/kompos (1:1). Setelah siap maka tanam dalam media tanam dengan menimbun semua akarnya dan beri tekanan sedikit agar tumbuhan dapat tumbuh kuat. Selanjutnya siram rutin pada awal masa tanam agar tumbuh baik.

Perawatan

Perawatan yang dilakukan cukup dengan penyiraman rutin minimal 2-3 hari sekali saja sudah cukup. Bahkan jika musim hujan tidak perlu disiram sama sekali. Sisanya hanya perlu dipupuk secara berkala setiap 2 bulan sekali saja sudah bisa tumbuh baik.

Tinggalkan komentar